Poktan Apresiasi Pendampingan Babinsa Pelda Gede Mertha

oleh -86 Dilihat

BALI, SR (14/06/2018)

Upaya pendampingan Babinsa kepada kelompok tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Bali terkenal dengan istilah Subak khususnya di wilayah Buleleng terus berjalan. Di samping tetap melakukan tugas pokoknya dalam pembinaan kewilayahan, Babinsa juga memiliki komitmen untuk mendukung keberhasilan program pemerintah baik swasembada pangan nasional maupun ketahanan nasional melalui bidang pertanian. Kegiatan penanaman padi sesuai waktu yang telah terencana juga turut membantu program pemerintah khususnya dalam menambah luas lahan sawah dilanjutkan dengan kegiatan penanaman padi di wilayah Buleleng. Dengan demikian luas tambah tanam di sektor pertanian ke depan diharapkan semakin meningkat dan mampu menjadi sektor penyangga pembangunan ekonomi di daerah. Hal ini terlihat nyata pada kegiatan penanaman padi jenis Ciherang yang dilakukan Babinsa Koramil 1609-03/Seririt Pelda Gede Mertha bersama Poktan setempat di Desa Umeanyar Kecamatan Seririt, Kamis (14/6).

Menurut Pelda Gede Mertha, lahan sawah yang ditanami merupakan milik petani yang tergabung dalam Subak Ponjok Cukli yang diketuai Ketut Oka, seluas 291 Ha. “Lahan ini cukup luas dan hari ini kita laksanakan tanam bersama dengan kelompok tani,” ungkap Gede Mertha.

Baca Juga  Lasro Simbolon: Buka Peluang Kerja Baru dan Pastikan PMI Terlindungi

Baginya kehadiran seorang Babinsa di tengah-tengah petani tentunya diharapkan berdampak secara signifikan dalam mendorong kreatifitas dan produktifitas sektor pertanian di wilayah Buleleng. Apalagi selama ini pendapatan asli daerah Kabupaten Buleleng lebih dominan mengandalkan sektor pariwisata. Disinilah peranan seorang Babinsa diharapkan dapat mendorong dan memotivasi warga masyarakat petani utamanya para generasi muda untuk kembali dapat terlibat secara langsung mengembangkan sektor pertanian di desa masing-masing.

Di sela-sela kegiatan menanam padi, Ketut Oka, salah satu anggota Subak menyampaikan terima kasih atas bantuan pendampingan yang diberikan Babinsa Gede Mertha selama ini, sehingga pengelolaan lahan pertanian khususnya di Desa Umeanyar dapat berjalan sesuai harapan. Mereka juga berharap agar kegiatan saling membantu dan gotong-royong seperti menanam padi bersama maupun kegiatan lainnya dapat dipupuk dan ditingkatkan di masa mendatang dengan prinsip menyama braya. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *