Jelang Lebaran, Nyaris Tak Terdengar Suara Petasan

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (13/06/2018)

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika menjelang Lebaran Idul Fitri suara ledakan petasan kerap terdengar dan sangat mengganggu. Namun kali ini, suara petasan nyaris tak terdengar. Suasana tenang dan aman petasan ini sangat terasa bagi masyarakat Sumbawa yang tengah menjalankan ibadah puasa. Masyarakat tetap berharap suasana tersebut tetap terjaga jelang dan saat Lebaran tiba.

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK MT yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (12/6) kemarin, menyatakan komitmen jajarannya untuk tetap menjaga kondusifitas daerah termasuk mengantisipasi ledakan petasan. Pengawasan dan himbauan tetap dilakukan. Bahkan sesekali melakukan razia petasan. “Kami menurunkan anggota intensif melakukan patroli terutama di daerah-daerah yang dianggap rawan, bukan hanya dari petasan tapi juga gangguan Kamtibmas lainnya,” kata pemegang tongkat komando di Polres Sumbawa ini.

Selanjutnya untuk pengamanan malam takbiran dan lebaran, pihaknya akan all out sebagaimana yang dilakukan pada tahun lalu. Seluruh rute yang akan dilewati peserta takbiran akan diamankan. Dalam waktu yang sama, anggotanya diperintahkan untuk merazia knalpot racing. Kemudian pengamanan sholat Ied, Kapolres mengaku sudah melakukan ploting anggota. Tidak hanya mengamankan tempat ibadah umat muslim, gereja dan tempat ibadah non muslim lainnya juga dilakukan pengamanan.

Tak hanya itu, distribusi barang dan jasa serta pemantauan harga bahan pokok di pasar dan pusat perbelanjaan juga dilakukan. Polisi tergabung dalam Satgas pangan. Ketika ada lonjakan harga akan ditelusuri apakah disebabkan karena pendistribusian yang telat atau karena ada penimbunan dan lain hal lainnya. “Saya selalu berkoordinasi dengan Bulog, alhamdulilllah stok Bulog aman untuk beberapa bulan ke depan. Demikian dengan persediaan BBM menurut Kepala Pertamina Depo Badas, stoknya aman untuk H+7 dan pengiriman BBM dari luar untuk penambahan stok akan terus berlangsung,” ungkap perwira dengan dua melati di pundak ini.

Baca Juga  Banjir di Alas, Satu Tewas Tenggelam

Untuk pengamanan masa liburan Lebaran Idul Fitri, Kapolres mengatakan akan menyebarkan anggota ke pusat perbelanjaan guna mencegah aksi perampokan, penjambretan, dan pencopetan. Anggota juga disebar di tempat-tempat hiburan dan pariwisata mengantisipasi terjadinya perkelahian maupun tindak pidana lainnya. “Intinya kami berupaya agar Kamtibmas di wilayah ini tetap terjaga,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.