Hasil Panen Melimpah, Kini Bawang Jadi Komoditi Unggulan di Plampang

oleh -34 views

SUMBAWA BESAR, SR (13/06/2018)

Beberapa tahun terakhir cukup luas lahan tidur di wilayah Kecamatan Plampang. Tapi kini lahan tidur tersebut berubah menjadi lahan produktif dengan hadirnya komoditi unggulan yang digarap masyarakat petani. Selain ditanami jagung dengan hasil yang cukup melimpah, lahan itu juga ditanami bawang. Ternyata lahan yang ada di wilayah Plampang sangat cocok dengan tanaman Bawang. Mencuatnya komoditi bawang merah di wilayah Plampang ini setelah petani pendatang dari kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Bima menggarap lahan warga setempat. Mereka tanam bawang dengan sistem sewa lahan. Hasilnya luar biasa. Bawang merah dengan biji berkualitas berhasil dipanen.

Hamparan hasil panen bawang yang digelar di sepanjang tepi jalan menarik perhatian para pengguna jalan terutamna pemudik dari Pulau Jawa. Seperti Sukinto dan rombongan yang harus berhenti untuk melihat hamparan tanaman Bawang dan jejeran Bawang yang siap ditimbang. “Luar biasa, daerah ini sangat subur. Hamparan tanaman bawang yang cukup luas, dengan biji bawangnya yang cukup sehat,” kata Sukinto.

Sementara petani bawang, Abdul Karim yang dijumpai Wartawan SAMAWAREA wilayah Sumbawa Timur menyatakan lahan di Plampang maupun cuacanya sangat cocok dan bagus untuk tanaman bawang. Kero-sapaannya, sangat tertarik menanam bawang di lahan itu karena bawang tumbuh sangat subur. Mereka bisa panen 7 bulan sekali. Mengenai harga, Ia mengaku cukup bagus. Saat ini harga bawang merah Rp 16 ribu per kilogram.

Baca Juga  Menagih Tanpa Etika, Oknum Petugas PLN Dikeluhkan Pelanggan

Dikonfirmasi terpisah, Camat Plampang Ir Nawawi menyesalkan penduduk setempat terutama pemilik lahan hanya menjadi penonton. Sebagian besar mereka menggadai dan menyewakan lahannya kepada petani pendatang. Sejauh ini bawang yang beredar tidak lagi Bawang Bima melainkan bawang Plampang. Saking melimpahnya, gudang khusus Bawang sudah dibangun di Kecamatan Plampang yang setahun lalu diresmikan Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Muldoko. (BUR/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.