Disperinaker Badung Sidak Hotel Balquisse Heritage

oleh -13 views

BALI, SR (12/06/2018)

Tim Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Badung yang dipimpin langsung Kadisperinaker Badung, Ida Bagus Oka Dirga, mnelakukan sidak ke Hotel Balquisse Heritage, Senin (11/6). Sidak ini dilakukan guna menindaklanjuti kontroversi di masyarakat terkait lowongan kerja yang berunsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) di perusahaan tersebut.

Oka Dirga mengecam keras atas lowongan kerja yang dikeluarkan pihak hotel itu, karena telah menimbulkan gejolak di masyarakat terutama bagi masyarakat Hindu. Saat tim Disperinaker menemui manajemen Hotel Balquisse Heritage, pihak manajemen menyatakan bahwa apa yang terjadi di hotel tersebut adalah human error dan pihak pimpinan perusahaan merasa kecolongan dengan peristiwa ini. “Pihak perusahaan juga telah melakukan pemecatan terhadap personel hotel yang memuat lowongan berbau SARA tersebut pada tanggal 7 Juni 2018,” ujar Oka Dirga.

Lebih lanjut Oka Dirga mengatakan, pihak perusahaan akan meminta maaf kepada umat Hindu baik di media cetak maupun elektronik dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut. Pada kesempatan ini pula, pihak dinas melakukan pembinaan terkait masalah ketenagakerjaan.

Ternyata selain pelanggaran diskriminasi, pihak perusahaan juga dalam melaksanakan operasional manajemen perusahaannya tidak melaksanakan beberapa kewajiban-kewajiban yang diatur dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. “Kami memberikan peringatan keras dan mewajibkan pihak perusahaan untuk memperbaiki sistem manajemen ketenagakerjaan di perusahaannya,” ujarnya.

Baca Juga  Toko Pakaian Ludes Terbakar

Dia mengatakan, langkah selanjutnya Disperinaker Kabupaten Badung memanggil pihak perusahaan tanggal 21 Juni 2018 untuk memberikan verifikasi tambahan, terkait dengan masalah ketenagakerjaan. Selain itu, Disperinaker Badung akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali untuk melakukan pengawasan ketenagakerjaan ke perusahaan tersebut. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.