“Pariri Si Desa” Kecamatan Lantung Masuk Top 99 Inovasi Nasional 2018

oleh -34 views
Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Setda Kabupaten Sumbawa. Ishak, S.Sos

SUMBAWA BESAR, SR (11/06/2018)

“Pariri Si Desa” (Pelayanan Sehari Terintegrasi Setiap Desa) inovasi pelayanan public yang diinisiasi Camat Lantung Kabupaten Sumbawa, Drs. Iwan Sofian berhasil masuk dalam 99 Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. “Pariri Si Desa” menyisihkan ribuan inovasi dari daerah lainnya di seluruh Indonesia. Saat ini “Pariri Si Desa” Kecamatan Lantung tersebut berhak mengikuti seleksi Top 10 dan Kompetisi Internasional. Sebelumnya inovasi “Pariri Si Desa” ini juga berhasil masuk sebagai pemenang dalam kompetisi Inovasi tingkat Provinsi NTB  (eNTeBenovik).

Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Setda Kabupaten Sumbawa. Ishak, S.Sos didampingi Kepala Sub Bagian Tata Laksana Jupri, S.Si, MM kepada media ini, membenarkan keberhasilan tersebut. Ia menyampaikan, sebelumnya dalam rangka gerakan One Agency One Innovation, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengadakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) secara nasional, sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik Indonesia, termasuk pemberian penghargaan kepada instansi pemerintah yang mempunyai inovasi pelayanan publik terbaik. Tema Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2018 yaitu  “Inovasi Pelayanan Publik untuk Percepatan Mewujudkan Nawa Cita dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Pendaftaran atau pengajuan proposal inovasi pelayanan publik melalui SINOVIK ditutup tanggal 31 Maret 2018. Hasilnya cukup membanggakan. Sesuai surat elektronik yang diterima via WA dan dapat diakses melalui https://menpan.go.id/site/berita-terkini/info-terkini/pengumuman-tentang-top-99-inovasi-pelayanan-publik-tahun-2018, pada lampiran Pengumuman Nomor 001/TPI.06/2018 tanggal 8 Juni 2018 yang ditandatangani Ketua Tim Panel Independen J.B. Kristiadi, inovasi “Pariri Si Desa” berada pada urutan 73 dari 1.463 inovasi yang berhasil lolos ke tahap penilaian proposal (Desk Evaluation). Dan dari 1.463 inovasi tersebut telah terseleksi menjadi 99 inovasi terbaik, dimana inovasi “Pariri Si Desa” (inovator Camat Lantung) mendapat penghargaan serta berhak mengikuti seleksi Top 10 dan Kompetisi Internasional. “Sebelumnya inovasi Pariri Si Desa ini juga berhasil masuk sebagai pemenang dalam kompetisi Inovasi Tingkat Provinsi NTB (eNTeBenovik),” timpal Kepala Sub Bagian Tata Laksana Jupri, S.Si, MM.

Baca Juga  Kunjungi RSUD Provinsi, Gubernur NTB Jenguk Pasien Covid

Semua inovasi pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Sumbawa dikelola secara sistematis oleh Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur, Sekretariat Daerah selaku admin lokal sistem informasi SINOVIK. Penghargaan Top 99 ini merupakan pencapaian sangat prestisius karena ini merupakan penghargaan pertamakalinya disandang Kabupaten Sumbawa. Penghargaan dan pencapaian ini tentu semakin memantapkan komitmen Pemerintah Kabupaten Sumbawa dimana salah satu tema pembangunannya terkait inovasi daerah.

Dihubungi terpisah, Camat Lantung Drs. Iwan Sofian menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung inovasi yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Lantung sehingga mampu menjadi salah satu dari Top 99 Nasional. Selanjutnya Camat Lantung mengharap dukungan, opini, dan masukan yang dialamatkan melalui surel inovasiyanlik.menpan@gmail.com sampai dengan tanggal 21 Juni 2018 mendatang. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.