Dukung Smart City, Bale IT Luncurkan Aplikasi “Jelaja Samawa”

oleh -30 views

SUMBAWA BESAR, SR (04/06/2018)

Sumbawa sebagai salah satu kota yang mengusung konsep smart city yaitu sebagai konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat untuk mengelolah sumberdaya sehingga dapat memberikan informasi yang tepat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan smart city Kota Sumbawa kepada masyarakat yaitu dengan mengadakan kegiatan yang membahas tentang konsep smart city. Karenanya Bale IT sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan produk teknologi informasi lebih dikenal dengan Rumah Kreatif di Sumbawa bekerjasama dengan Sumbawa Academia Institute (SAI) dan Komunitas Samawa Digital Club (SDC) mengadakan Tech Talk Smart City, Minggu (3/6). Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Seksi Aplikasi dan Tata Kelola e-Government Dinas Kominfotik Sumbawa, Sekretaris dan Bendahara Dewan Pengurus SAI, Kepala Divisi Pendidikan dan Diseminasi IPTEK, Kepala Divisi Pelatihan, Seminar dan Workshop, Ketua SDC, dan peserta kegiatan dari kalangan mahasiswa dan alumni.

Dalam sambutannya Sekretaris SAI, Muhammad Aries Z. A, SP., MM memberikan apresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Apalagi kegiatan ini berkaitan dengan era digital yang sangat mengedepankan IT (Informatika dan Teknologi). Menurut Aries, saat ini sedang mengalami perubahan dan semakin kompetitif. Dampak dari perubahan ini jika tidak diantisipasi maka akan tergilas dan tertinggal. Sebab lawan atau musuh sudah tidak lagi terlihat. Karenanya sudah saatnya berkemas dan berbenah agar tetap eksis.

Berbicara soal Smart City, Aries justru bertanya apakah sudah masyarakat dan daerah Sumbawa ini sudah siap. Sebab masih ada lampu jalan yang mati, pelayanan birokrasi yang berbelit-belit, dan kurangnya akses informasi yang diserap masyarakat. “Terkadang kita bingung ketika hendak memasukkan proposal ke Pemda. Harus kemana, berapa lama prosesnya dan kapan terealisasi. Ini karena minimnya informasi yang kita peroleh. Sederhananya Smart City itu kita memasukkan proposal dan kita tahu apa yang harus kita siapkan dan kapan proposal itu direalisasikan,” ungkap Aries.

Baca Juga  281 Pejabat Dilantik, Wirawan Ahmad Jadi Staf Ahli Gubernur NTB

Karena itu IT sangat urgen dalam menunjang pelayanan pemerintahan khususnya di Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya Bale IT yang melaunching aplikasi dinilai Aries dapat menjadi solusi dalam memperkaya informasi tentang daerah dan potensi-potensi yang mendukung.

Sementara Pimpinan Bale IT, I Made Widiarta S.Kom memaparkan tentang pengguna smartphone yang semakin meningkat setiap tahunnya, pengguna internet di Indonesia yang terus berkembang, dan penggunaan media berbasis online yang paling diminati anak muda, serta kompetitor di media online yang semakin banyak. Berangkat dari hal tersebut, Widi–sapaan akrab pria yang juga Dosen Fikom UTS, bersama tim Bale IT meluncurkan aplikasi “Jelaja Samawa.” Jelaja Samawa merupakan sebuah aplikasi berbasis Android yang berfungsi sebagai portal berita online. Aplikasi ini akan mendukung media-media online lokal agar bisa terus berinovasi dan mengikuti persaingan global. “Selain itu aplikasi ini mudah digunakan, terintegrasi dengan website dan kaya akan fitur,” beber Widi.

Mirajuddin ST–Kepala Seksi Aplikasi dan Tata Kelola e-Government Dinas Kominfotik Sumbawa memaparkan Kabupaten Sumbawa telah terpilih sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota di Indonesia yang akan mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City. Karenanya Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Sumbawa saat ini gencar melaksanakan sosialisasi terkait hal tersebut.

Diungkapkan, konsep smart city atau kota pintar ini hadir seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, yang diharapkan dapat membantu masyarakat yang berada di dalamnya, untuk mengelola sumber daya yang ada secara efisien serta dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya maupun dalam mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Baca Juga  Sukseskan Kampung Sehat, Kapolres Motivasi Pemdes dan Warga Desa Jorok

Disampaikan pula beberapa komponen yang diprioritaskan dalam implementasi smart city. Antara lain Smart Living, yaitu pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam secara cerdas sehingga tidak menimbulkan dampak lingkungan yang merugikan. Smart People, yaitu pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas manusia dari segi pengetahuan dan keterampilan. Smart Mobility, yaitu pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang pemanfaatan sarana transportasi dan menunjang produktivitas. Selanjutnya Smart Government, yaitu pemanfaatan teknologi informasi dalam mengelola pemerintahan serta meningkatkan keterlibatan masyarakat. Smart Economy, yaitu pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang produktifdan berdaya saing. Serta Smart Environment, yaitu pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada suatu wilayah. ”Dari beberapa komponen tersebut, dapat disederhanakan tujuan diterapkannya smart city, yaitu untuk mendorong penggunaan teknologi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif, transparan dan terpercaya, untuk meningkatkan layanan publik dan memberikan perhatian pada pemberdayaan masyarakat untuk berinovasi sebagai aktor utama pembangunan, serta membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik,” jelas Mirajuddin.

Sebenarnya Kabupaten Sumbawa sudah melakukan berbagai upaya yang menjadi cikal bakal penerapan smart city. Yaitu dengan mengupayakan pengadaan barang dan jasa atau lelang secara elektronik (e-procurement), menggunakan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kapasitas perangkat daerah, meningkatkan kapasitas SDM, membangun infrastruktur jaringan dan berbagai aplikasi untuk mempermudah akses informasi bagi masyarakat. Bahkan beberapa wilayah terisolir yang selama ini merupakan wilayah blankspot (tidak dapat menerima sinyal seluler) saat ini sudah bisa menikmati akses internet. (SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.