Bantu Warga Melahirkan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dapat Perhargaan

oleh -11 views

AMLAPURA, SR (04/06/2018)

Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi hari istimewa bagi dua aparat keamanan yang bertugas di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Dalam apel peringatan hari lahir Dasar Negara itu di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, belum lama ini, Babinsa Sertu I Made Suda dan Bhabinkamtibmas Aiptu I Nyoman Sweca mendapat penghargaan atas jasa mereka membantu seorang ibu dari keluarga miskin yang melahirkan premature beberapa waktu lalu. Penghargaan disampaikan langsung Bupati IGA Mas Sumatri usai apel. Kedua aparat keamanan yang oleh institusinya ditugaskan sebagai pembina keamanan di Desa Sibetan itu mengaku niat tulusnya membantu warga dihargai begitu besar oleh pemerintah daerah.

Seperti pernah diberitakan, Ni Luh Suriani (38) melahirkan prematur di rumahnya di Banjar Dukuh, Sibetan, Kamis (17/5) lalu. Proses persalinan normal memang berjalan lancar dibantu bidan desa setempat, namun pasca melahirkan kondisi istri I Wayan Suartana itu ngedrop. Masalah muncul karena rumah pasutri miskin itu berada di bawah tebing yang berjarak sekitar 4 km dari jalan raya Amlapura-Selat. Untuk menyelamatkan ibu dan jabang bayi yang lahir di usia kehamilan 7,5 bulan, tim medis Puskesmas Bebamdem memutuskan perawatan harus dilakukan di RSUD Karangasem. Di sanalah  Sertu I Made Suda dan Aiptu I Nyoman Sweca hadir sebagai dewa penolong. Ketika si jabang bayi menjadi tanggungjawab tim medis, mereka bertugas mengantarkan Luh Suriani sampai di jalan raya. Ibu empat anak itu dievakuasi dengan cara ditandu, peran itu dipikul Sertu I Made Suda dan Aiptu I Nyoman Sweca. Butuh waktu 1,5 jam untuk bisa mengantarkan Luh Suriani sampai di jalan raya Amlapura-Selat. Dari sana Suriani dan bayi laki-lakinya dibawa ke RSUD Karangasem menggunakan mobil ambulan. ‘’Bayinya lahir prematur, beratnya 1,8 kg,’’ ucap Ni Kadek Ari Suhartini, anggota tim medis Puskesmas Bebandem yang ikut dalam proses evakuasi waktu itu.

Baca Juga  Jalan Sehat HUT Sumbawa, Dapat Sehatnya Bawa Pulang Hadiahnya

Sementara itu apel Peringatan Hari Lahir Pancasila berjalan lancar dan khidmat. Apel peringatan diisi pembacaan sambutan Presiden Joko Widodo oleh Bupati Mas Sumatri yang intinya menegaskan bahwa Pancasila lahir dari pembahasan panjang para pendiri bangsa sebagai alat pemersatu segala perbedaan. ‘’Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,’’ ujarnya. (SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.