HM Syafrudin Apresiasi Pembangunan Berbasis Gotong Royong di Desa Empang

oleh -0 views
Anggota DPR RI HM Syafrudin ST MM

SUMBAWA BESAR, SR (30/05/2018)

Anggota DPR RI, Muhammad Syafrudin ST MM memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Empang Bawa Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa yang terus melestarikan adat budaya tradisi Nuja Rame (Numbuk Padi Ramai Ramai) untuk penggalangan dana membangun masjid. Nuja Rame merupakan tradisi turun temurun masyarakat Desa Empang Bawa yang terus dilestarikan sampai saat ini untuk menggalang dana pembangunan tempat ibadah. “Ini tradisi yang luar biasa. Dan saya sangat bangga sekali bisa berkesempatan hadir pada kegiatan Nuja Rame ini di tengah masyarakat yang begitu ramah penuh kekeluargaan,” ucapnya.

Melihat tradisi ini ungkap Haji Syafrudin–sapaan politisi PAN, banyak masyarakat yang antusias untuk menyumbangkan sedikit hartanya bagi pembangunan masjid. Bahkan dirinya sangat termotivasi untuk memberikan sumbangan bagi pembangunan masjid tersebut. Hal ini menandakan bahwa tradisi Nuja Rame sangat efektif untuk membangkitkan jiwa gotong-royong masyarakat dalam membangun fasilitas umum seperti masjid. “Kalau di luar sana banyak yang berkoar mengenai gotong-royong tapi di Empang Bawa saya melihat ruh gotong royong terus terjaga lewat tradisi Nuja Rame,” imbuhnya.

Haji Syafrudin menegaskan, terobosan yang dilakukan masyarakat dengan memadukan pendekatan gotong royong dengan adat istiadat membuktikan bahwa pembangunan di desa sesungguhnya bisa dimaksimalkan dengan mendorong tumbuhnya semangat kebersamaan melalui Nuja Rame. Karena itulah ia menilai metode semacam ini sangat bagus dan patut diadaptasi dalam proses pembangunan lainnya di desa. Selain membangun masjid, masyarakat juga bisa membangun sendiri infrastruktur lain yang mereka butuhkan.

Baca Juga  Jembatan Timbang Poto Tano Mangkrak dan Rusak  

Sementara di tempat yang sama H. Haksan tokoh masyarakat setempat, mengaku bangga dengan H. Muhammad Syafrudin yang tidak bosan-bosannya mengunjungi mereka untuk terus membantu masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraannya. Sosok anggota DPR RI ini dinilai sangat ramah dan merakyat. “Setiap keluhan kami selalu didengar dan tidak pernah mengecewakan kami. Contohnya seperti acara yang kami buat saat ini yaitu Nuja Rame yang kita gelar untuk penggalangan dana pembangunan masjid. saya tidak pakai surat, saya hanya hubungi beliau lewat HP saja bahwa kami ada acara Nuja Rame untuk pembangunan masjid, dengan kerendahan hati beliau datang langsung memberikan kami senyuman hangat menandakan bahwa dia bahagia bertemu dengan masyarakatnya,” ujar Haji Haksan.

Sosok seperti inilah diinginkan masyarakat, sehingga sangat pantas H. Muhammad Syafrudin ST MM tetap menjadi wakil rakyat di Senayan karena sangat memahami aspirasi rakyat dan mampu memperjuangkannya. (HEN/SR)

iklan bapenda