Beragam Etnis di Karang Bage Bentuk SBDLT Dukung Zul Rohmi

oleh -3 views
Inisiator Pembentukan SBDLT Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (21/03/2018)

Masyarakat di sejumlah RT wilayah Karang Bage Kelurahan Bugis Kabupaten Sumbawa menyatakan dukungan untuk pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc—Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd. Dalam memberikan dukungan, masyarakat ini membentuk sebuah komunitas. Wadah yang di dalamnya bernaung beragam etnis ini diberi nama Komunitas SBDLT (Sumbawa Bima Dompu Lombok dan Timor). Lembaga tersebut dibentuk Selasa (20/3) malam yang diinisiasi beberapa ketua RT dan tokoh masyarakat di RW 02 dan RW 03, Karang Bage, Kelurahan Bugis. Setelah melalui musyawarah, terpilih sebagai Ketua SBDLT, Ramli Sunah, Sekretaris Afroditus, dan Bendahara, Ismail A.Md. SBDLT ini diperkuat dengan struktur lainnya yang diisi anak-anak muda potensial, di samping ibu-ibu enerjik yang selama ini kaya pengalaman dalam berorganisasi. Tak hanya itu sejumlah ketua RT menjadi koordinator masing-masing etnis mulai dari Samawa, Bima—Dompu, Lombok dan Timor. “Kami ingin menjadi bagian dan ikut terlibat memenangkan pasangan Zul-Rohmi di pentas Pilgub NTB mendatang,” kata Ketua SBDLT, Ramlli.

Ramli memberikan alasan SBDLT mendukung Zul-Rohmi. Ia menilai pasangan bernomor urut tiga yang didukung PKS dan Demokrat ini sangat pas melanjutkan kepemimpinan TGB M. Zainul Majdi yang sukses menjadi Gubernur dalam membangun NTB selama dua periode. Duet Zul Rohmi merupakan representasi masyarakat di dua pulau besar NTB juga diyakini mampu mengikis kesenjangan pembangunan antara Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Dua figur ini juga masih muda dengan kapasitas dan jaringan yang luas baik nasional maupun internasional. Dengan kemampuan ini Zul Rohmi menjadi magnet baru untuk membangun NTB menjadi semakin lebih baik. “Kami yakin Gubernur TGB tidak sembarang memilih Doktor Zul untuk regenerasi kepemimpinannya di NTB. Dipilihnya Doktor Zul yang merupakan putra asli Sumbawa ini bukan karena pertimbangan populasi penduduk melainkan karena kualitas, kapasitas, kapabilitas, dan jaringan sumberdaya yang dimiliki Doktor Zul,” bebernya.

Baca Juga  Karo Humas: Kehumasan Era Digital, Semangat Kita Bersama

Ditambahkan Sekretaris SBDLT, Afroditus, dukungan komunitasnya menetapkan pilihan ke Zul Rohmi bagian dari program jangka pendek. Namun yang menjadi tujuan penting dari terbentuknya SBDLT untuk menyatukan masyarakat di Karang Bage dari beragam latar belakang dan sebagai wadah silaturrahmi. Untuk diketahui Karang Bage Kelurahan Bugis, Kecamatan Sumbawa, didiami beragam etnik dan agama. Selain Suku Samawa yang sedikit mendominasi, Karang Bage juga ditempati Suku Mbojo, Sasak dan Timor, sisanya beberapa suku lainnya. Namun keberagaman ini menjadi penguat bagi masyarakat untuk hidup rukun dan berdampingan secara damai. Karena masyarakat Karang Bage percaya perbedaan menjadi pemersatu yang melahirkan kekuatan, terutama untuk ikut terlibat dalam program pembangunan.

Dengan kesadaran itu masyarakat Karang Bage yang terdiri dari 6 RT yang tersebar di dua RW ini membentuk sebuah wadah. Keberadaan SBDLT ini diharapkan menjadi pendorong kemajuan lingkungan setempat yang terbilang tertinggal dari lingkungan perkotaan lainnya. Sebab meski berada tepat di jantung Kota Sumbawa Besar, Karang Bage kurang mendapat perhatian pemerintah yang ditandai dengan minimnya luncuran program pembangunan. “Semoga wadah ini menjadi solusi dalam meretas persoalan masyarakat,” pungkasnya. (JEN/SR)

DPRD DPRD