Satlantas Berinovasi, 10 SIM Gratis untuk Pengendara “Safety”

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/03/2018)

Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Sumbawa telah mendapatkan 10 pengendara sepeda motor yang berhak menerima SIM Gratis. Para pengendara ini terjaring dalam Operasi Keselamatan Gatarin 2018 yang digelar di beberapa tempat dan terakhir Rabu (21/3) kemarin bertempat di depan SMA Negeri 1 Sumbawa. Hadiah SIM Gratis ini diberikan karena para pengendara dari berbagai latar belakang tersebut dinyatakan safety dalam berkendaraan. Kendaraan yang digunakan itu juga memiliki kelengkapan tekhnis sebagaimana yang dipersyaratkan. Selain itu mereka sudah memenuhi syarat dari sisi umur namun belum memiliki SIM.

Kasatlantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan SH yang ditemui usai operasi mengatakan pemberian SIM Gratis ini sebagai bentuk apresiasi jajarannya terhadap pengendara yang dikategorikan “safety” dalam berkendara. “Ini bagian dari inovasi yang kami lakukan,” katanya.

Safety dimaksud, sebut Kasatlantas, pengendara itu mengenakan helm standar, membawa STNK, memiliki kelengkapan tekhnis dan lainnya sebagaimana yang dipersyaratkan aturan berlalulintas. Hanya pengendara itu tidak memiliki SIM. Ini sesuai kriteria yang ditetapkan pihaknya dalam pemberian SIM Gratis. “Pengendara yang mendapat SIM gratis ini selain safety, juga cukup umur dan belum memiliki SIM,” ungkap AKP Gusriyadi, seraya menyatakan pemberian SIM ini sebagai upaya jajarannya dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang keselamatan diri dalam berkendara. Tentunya dengan harapan menjadi masyarakat yang tertib dan taat aturan.

Baca Juga  Setelah WNA Turki, Kini WNA Finlandia Ditemukan Tewas Tenggelam

Ardin salah satu pengendara yang mendapat SIM Gratis mengaku senang dengan hadiah tersebut. Sebenarnya dia hendak mengurus SIM minggu depan. Namun karena urusan yang mendesak memaksanya untuk menggunakan kendaraan. Meski demikian dia melengkapi dengan helm, jaket, sepatu, masker, dan sarung tangan. Selain untuk menghindari kecurigaan petugas dia tidak memiliki SIM, juga untuk keselamatan di jalan. Tapi saat melintas di depan SMAN 1 Sumbawa, Ardin mengaku dicegat dan diperiksa. “Sempat gugup juga, tau-taunya saya masuk kategori pengendara yang mendapatkan SIM Gratis. Alhamdulillah, senang sekali,” akunya dengan mata berbinar.

Hal senada dikatakan Zakaria—warga Raberas Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa. Pria berperawakan aparat ini juga sebenarnya hendak mengurus SIM pada hari saat dia terjaring Operasi Keselamatan. Tapi urung dilakukan karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Kendati tidak memiliki SIM, dia selalu safety dalam berkendaraan. Selain helm, lelaki yang selalu tampil parlente ini juga berkacamata hitam, bersarung tangan, sepatu lengkap kaos kaki dan mengenakan jaket. “Sebenarnya saya pakai ini lebih cenderung hanya untuk gaya-gayaan, biar tampil macho saja. Tapi ada hikmahnya juga,” ujarnya.

Sementara pengendara lainnya berharap Satlantas Polres Sumbawa terus berinovasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Mungkin saat ini membagi SIM Gratis, ke depan bisa helm, kacamata, ataupun sepatu. “Kami salut, ini inovasi yang bermanfaat karena akan mendorong pengguna jalan untuk tertib berlalulintas. Ini bukan saja untuk taat aturan berlalulintas tapi jauh lebih penting adalah menjaga keselamatan diri dan orang lain,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda