Penderita HIV/AIDS di KSB Terus Bertambah

oleh -13 views

SUMBAWA BARAT, SR (14/03/2018)

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat mencatat, jumlah penderita baru HIV/AIDS tahun 2017 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2017 terdapat 13 penderita HIV/AIDS baru. Sementara 2016 hanya 1 orang. Jika dihitung sejak 2008 hingga saat ini penderita HIV/AIDS mencapai 63 orang.

Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, HM Yuspi Halid mengakui terjadi peningkatan penderita HIV/AIDS di KSB dari tahun 2016 hanya satu orang dan 2017 tercatat 13 orang. Untuk tahun 2018 ini ada satu orang yang diindikasikan mengidap penyakit mematikan tersebut. Orang yang diduga ini perlu pemeriksaaan lebih lanjut untuk diketahui apakah positif atau tidak.

Dikatakan Haji Yuspi, semua penderita HIV/AIDS diberikan pendampingan untuk memastikan obatnya dikonsumsi secara teratur. Meski sampai saat ini belum ditemukan obatnya, tapi obat yang diberikan bisa memperlambat perkembangan virus tersebut. “Kami terus berupaya memberikan semangat hidup dengan mempertahankan kualitas hidup penderita, kami juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak memberikan cap buruk kepada penderita HIV. Masyarakat jangan menerima mitos yang menyebutkan bahwa HIV mudah menular,” jelasnya. HIV/AIDS hanya menular melalui hubungan sex dan sering gonta ganti pasangan, dan penggunaan jarum suntik secara bersama.

Karena itu Ia menghimbau masyarakat untuk setiap kepada pasangan. Masyarakat juga harus menjaga keluarga dari penyakit yang sangat berbahaya ini. Jika terindikasi, segeralah memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. Banyak orang yang tidak mengetahui terjangkit HIV/AIDS. “Apabila penyakit itu diketahui sedini mungkin bisa kita tangani segera. Petugas lapangan kami siap menerima dan menanganinya serta sangat professional,” pungkasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Awardee Gelar Kuliah Umum, Wagub Paparkan Penanganan Covid di NTB