Sosialisasi Ranperda, DPRD Sumbawa Gandeng BNN

oleh -3 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (13/03/2018)

DPRD

Sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan inisiatif DPRD Sumbawa Tahun 2018 mulai disosialisasikan di beberapa daerah pemilihan (Dapil), Selasa (13/3). Ranperda tersebut di antaranya Penatausahaan Irigasi, Drainase Perkotaan dan Perdesaan, Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika, Sumur Resapan, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Kawasan Pengembangan Hortikultura, Badan Usaha Milik Desa (BUMD), dan Kepariwisataan Daerah. Sosialisasi yang dilaksanakan selama dua hari ini, dilaksanakan seluruh anggota DPRD Sumbawa yang masing-masing dikoordinir 4 pimpinan DPRD Sumbawa.

Seperti yang dilaksanakan tim yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Kamaluddin ST M.Si di Kantor Camat Lape. Dalam sosialisasi yang juga dihadiri para anggota DPRD dari Dapil II yakni Drs H A Rahman HMS, Ketua Baleg Ahmad Junaidi, Anggota Ahmadul Kusasi SH, Yasin Musamma SAP, Salamuddin Maula, H. Zulkarnaen SE, Nyoman Wisma SH, Mustajabuddin S.Sos, dan Edy Syarifuddin ini, DPRD mnengikutsertakan Kepala BNN Kabupaten Sumbawa, AKBP Syirajuddin Mahmud. Mereka disambut Camat Lape, Abu Bakar SH yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Hadir juga Kapolsek Lape IPTU Sarjan, Danramil, KUPT Dikbud dan Puskesmas, para kades, Kadus, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, dan lainnya.

Dalam paparannya, Kamaluddin ST MT mengatakan, kegiatan ini penting dilaksanakan agar ada usul saran, masukan, perubahan, dan lainnya dalam draf Ranperda untuk disempurnakan. Masyarakat diharapkan partisipasi aktif memberikan masukan, di samping saran dari eksekutif. “Seluruh elemen masyarakat bisa terlibat langsung dalam penyempurnaan draf sejumlah Ranperda ini, terlebih Kades dan BPD. “Inilah pentingnya sosialisasi yang digelar saat ini di sejumlah kecamatan,” tegas Ketua Kamal—sapaan akrabnya.

Baca Juga  PPK, Konsultan dan Kontraktor Talud Patedong Resmi Ditahan Jaksa

Untuk diketahui, ungkap Kamal, sosialisasi ini dilaksanakan sebagai upaya uji publik draf Ranperda yang diusulkan. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat memberikan respon sehingga Ranperda yang ditetapkan menjadi Perda nantinya mengakomodir dan merefrenstasikan kepentingan masyarakat. (JEN/SR)

DPRD DPRD