KSB Masih Butuh Tambahan Bus untuk Anak Sekolah

oleh -2 views
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sumbawa Barat, Drs Tajuddin M.Si

SUMBAWA BARAT, SR (09/03/2018)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menyiapkan 3 bus khusus untuk armada transportasi bagi anak-anak sekolah pada Tahun Anggaran 2017 lalu. Bus itu telah dioperasikan dan disambut antusias para pelajar. Namun demikian keberadaan bus tersebut belum mampu mengangkut seluruh pelajar di KSB. Karena itu perlu dipikirkan untuk penambahan armada bus pada tahun 2018 ini.

Ditemui SAMAWAREA, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) KSB, Drs. Tajuddin mengakui ekspektasi masyarakat terhadap bus pengangkut anak sekolah sangat tinggi. Terbukti dari setiap Musrembang di kecamatan, aspirasi untuk pengadaan bus sekolah selalu muncul. Selain itu bus sekolah yang ada ternyata belum mampu mengangkut semua anak sekolah di KSB. Saat ini pihaknya hanya memiliki tiga bus yang beroperasi di wilayah jalur utama yaitu Kecamatan Brang Ene, Kecamatan Seteluk, Kecamatan Poto Tano, dan Taliwang Labuan Lalar. Tiga kendaraan ini sudah maksimal dalam pelaksanannya karna rata-rata bus mengangkut amak sekolah dua kali bolak balik. “Sebenarnya tidak jadi masalah bus bolak balik walapun 10 kali, tapi anak-anak ini dikejar waktu masuk sekolah,” ungkapnya.

Yang belum terkafer adalah jalur Meraran, Tua Nanga, Jereweh, Maluk, dan Sekongkang. Karenanya pihaknya sudah merencanakan untuk memenuhi kebutuhan angkutan anak sekolah ini melalui dua alternative. Adalah menambah armada bus, dan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. “Semua ini keputusannya di bupati, yang jelas ini akan tetap kami usahakan karena kami sangat khawatir terhadap anak anak sekolah yang membawa kendaraan pribadi. Sebab kebanyakan di jalanan anak anak sekolah yang biasa ngebut tidak karuan, setiap kali saya lihat saya merasa takut, apalagi mereka sebagian besar masih belum memenuhi syarat untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi ( SIM). Dengan adanya bus ini bisa mengurangi pelanggaran lalulintas terutama di kalangan anak-anak sekolah,” bebernya, seraya menyebutkan bus yang mengangkut seluruh siswa baik SD, SMP, dan SMA, disiapkan gratis. Seluruh biaya dibebankan kepada pemerintah daerah. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Disnakertrans Sumbawa Latih Seratusan PMI Purna untuk Berwirausaha