Bupati Sumbawa Ultimatum PPK dan PPS Harus Netral

oleh -0 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/03/2018)

“Jangan ada keberpihakan muncul, harus bersikap netral, karena hitam putih bangsa terletak di pundak PPK dan PPS, bangsa kita bisa berdiri tegak karena tugas dan tanggung jawab petugas PPK dan PPS. Sebagai perpanjangan tangan KPU, anggota PPK dan PPS yang sudah diambil sumpahnya, harus menjunjung tinggi prinsip netralitas, integritas, dan profesionalisme,” demikian disampaikan Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc. dalam sambutan dan arahannya pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Sumbawa dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, di Gedung Wanita Sumbawa Besar, Jumat (9/3). Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Waka Polres Sumbawa, Kasdim 1607 Sumbawa, Plh Pimpinan KPU beserta jajaran.

Bupati juga mengingatkan kepada PPK dan PPS yang sudah dilantik untuk berhati-hati dalam bekerja dengan menempatkan kejujuran dalam melaksanakan tugas, yang disertai dengan ketulusan dan keikhlasan, karena ketika penyimpangan terjadi maka ketidakadilan akan muncul, dan potensi-potensi konflik tidak dapat dihindarkan. Bupati berharap agar dapat menjadi mitra kerja yang baik bagi Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pemilihan umum, dan langsung dapat bertugas membantu KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan, dan daftar pemilih tetap guna kelancaran pesta demokrasi.

Baca Juga  DPRD Sumbawa Menyetujui Penetapan APBD-P 2016

Bupati juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap berkontribusi dalam menjaga kondusifitas daerah, dengan bersama-sama mengawal proses demokrasi agar selalu berjalan dalam koridor aturan dan tata nilai yang berlaku menuju terciptanya masyarakat Sumbawa yang demokratis dan berkeadilan. Karena untuk menjadikan Sumbawa Hebat dan Bermartabat merupakan tanggung jawab semua pihak.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plh Ketua KPU Sudirman, S.IP, bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah 70 orang anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan 445 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) merupakan hasil dari proses evaluasi yang telah ditentukan KPU, dan sudah melalui proses seleksi yang obyektif sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Disampaikan pula bahwa pemilihan umum Tahun 2019 merupakan momentum sejarah yang baru bagi Indonesia karena Pemilu Legislatif dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan.
Ketua KPU berharap kepada PPK dan PPS yang telah dilantik dan diambil sumpahnya, serius dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, dengan memberikan pengabdian terbaik dalam membangun proses demokrasi, serta berharap kelancaran proses tersebut akan diikuti dengan kelancaran tahapan-tahapan pemilu selanjutnya. Sehingga secara keseluruhan rangkaian pesta demokrasi dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan sukses. Karena sukses atau tidaknya pemilu akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan, dan pemerintahan di Indonesia. (SR)

iklan bapenda