Hebat, Tiga Dosen UTS Hadiri Internasional Agribisnis Tingkat Asia

oleh -23 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/03/2018)

Tiga dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yaitu Rhestu Isworo, M.Si., Anni Nuraisyah, M.Si., dan seorang dosen muda yang merupakan alumni pertama UTS Irwandi, ST mengikuti kegiatan Internasional Advanced Agribusiness Management Course For Executives and Managers, setingkat Asia. Acara yang berlangsung pada 5-9 Maret 2018 bertempat di Bali Dynasty Resort ini digelar atas kerjasama Asian Productivity Organization (APO), Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian, Organisasi Produktivitas Nasional (NPO), Direktorat Jenderal Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja Indonesia, dan Cornel University. Pertemuan ini dihadiri 74 orang peserta domestik dan global. Peserta asing sebanyak 16 orang dari Bangladesh, Kamboja, Cina, India, Iran, Jepang, Korea, Laos, Malaysia, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam. Sebanyak 12 peserta Indonesia dan 45 pengamat. Kegiatan ini menghadirkan empat orang narasumber asing yang memaparkan materi peningkatan nilai agrobisnis UKM. Pembicara di antaranya Direktur Cornell International Institute for Food, Agriculture and Development dan profesor ekonomi terapan dan manajemen Dr Ralph D Christy, Managing Director K-Farm Seng Kit Chan, Dosen Cornell University Lin Fu dan APO Expert Joselito Bernardo. Adapun narasumber dari Indonesia yaitu Dr Ir Suharno, yang merupakan Ketua Asosiasi Agribisnis Indonesia, dan Ketua Komite Tetap Pengolahan Makanan dan Minuman KADIN, Thomas Darmawan.

Baca Juga  UTS Jadi 'Komandan' UI Walk di Jakarta

Rektor UTS Dr. Andy Tirta, M.Sc yang juga menghadiri pembukaan acara itu berharap kegiatan yang dihadiri oleh para dosen berprestasi UTS tersebut tidak hanya dapat meningkatkan kapabilitas namun juga dijadikan sarana untuk menjalin kerjasama dengan semua pengusaha lokal dan asing serta instansi pemerintahan yang bergabung pada kegiatan tersebut. Kedepannya diharapkan dari UTS lahir para pengusaha sukses bahkan mendunia, sehingga dapat membuka seluas-luasnya lapangan kerja,” tungkas Doktor muda lulusan Korea ini.

Ketiga Dosen UTS yang mengikuti kegiatan tersebut, pada perhelatan terakhir yang diadakan oleh Pemkab Sumbawa beserta STP berhasil menyabet juara dengan produk yoghurt berbahan baku jagung. Irwandi sebagai Dosen Muda UTS juga saat ini tercatat sebagai pengusaha madu liar Sumbawa yang dikemas dalam kotak eksklusif dan sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia. (SR)

iklan bapenda