Cegah Tengkulak, Koramil Utan Rhee Serap Gabah Petani

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (07/03/2018)

Kodim 1607 Sumbawa melalui Koramil 1607-09 Utan Rhee melaksanakan gerakan serapan gabah di Desa Orong Bawah Kecamatan Utan, Selasa (6/3). Serapan gabah yang dilakukan hari pertama sebanyak 3 ton gabah kering. “Kami targetkan 6 ton dengan harga di atas Harga Pokok Penjualan (HPP). Rencana selanjutnya, besok kami bisa menyerap sekitar 3 ton sesuai hasil panen yang ada,” kata Danramil Utan Rhee Kapten (Inf) Amdatullah, kemarin.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Desa Orong Bawa ini agar harga gabah petani tetap berada di atas standart HPP. Selain itu, untuk menghindari permainan para tengkulak yang cenderung mempermainkan harga gabah petani ketika panen berlangsung. Perwira TNI ini berharap, pemerintah memperhatikan kesejahteraan petani. Selain memperhatikan harga gabah, juga harga pupuk. Sebab pupuk merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi tingkat produksi petani.

Sementara itu Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos., menegaskan, kegiatan tersebut merupakan keterlibatan langsung TNI untuk membantu pemerintah pusat terkait ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Sumbawa. Jajarannya turun langsung ke sawah membeli gabah hasil panen petani dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Dengan adanya kegiatan serapan gabah petani ini, ia berharap petani menjual gabah ke Babinsa yang ditugaskan untuk menyerap gabah-gabah tersebut. Oleh TNI akan dibawa ke Bulog dengan harapan agar hasil panen di Sumbawa tidak keluar NTB. Tentunya target pemerintah pusat kepada Subdivre Bulog Sumbawa terpenuhi. (JEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Hendak Beri Kejutan Ulang Tahun, Dua Siswi Terluka Parah