Satlantas Polres Sumbawa Siapkan SIM Gratis

oleh -26 views

SUMBAWA BESAR, SR (06/03/2018)

Ini khabar gembira bagi masyarakat Sumbawa. Pasalnya Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Sumbawa menyiapkan sedikitnya 10 SIM gratis bagi pengguna jalan. Bagi yang ingin mendapatkan SIM Gratis khusus kendraan roda dua ini ada criteria khusus yang dinilai petugas. Intinya pengendara yang safety dalam berkendaraan.

Kasatlantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan SH yang ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Selasa (6/3) mengatakan, pemberian SIM gratis kepada pengendara sepeda motor ini dilakukan pada momen Operasi Keselamatan Gatarin 2018 yang berlangsung selam 21 hari (5—25 Maret). Programn SIM Gratis ini bagian dari inovasi jajarannya dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam berkendaraan. Tidak semua pengguna jalan yang bisa mendapatkan SIM gratis karena ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Di antaranya cukup umur sesuai persyaratan pengurusan SIM, belum memiliki SIM dan pastinya melengkapi diri dan kendaraan dengan standar keselamatan (safety). “Kriterianya akan dinilai langsung oleh anggota yang kami tunjuk dalam operasi. Kami berikan penghargaan karena sudah safety tapi pelanggarannya tetap kami berikan tindakan berupa teguran karena belum memiliki SIM,” ujar Gusriyadi, akrab perwira ramah ini disapa.

Terkait dengan Operasi Keselamatan ini, Gusriyadi mengaku pada hari pertama berhasil menjaring sekitar 90 pelanggar. 70 pelanggar di antaranya diberikan teguran, sedangkan 20 lainnya ditindak langsung (tilang). Penindakan ini dilakukan terhadap pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalulintas. Misalnya mengangkut penumpang menggunakan mobil bak terbuka, atau barang melebihi kapasitas. Ini sangat berpotensi terjadinya kecelakaan. “Operasi ini mengedepankan upaya preventif. Targetnya 80 persen himbauan, 20 persennya penindakan,” jelas Gusriyadi.

Baca Juga  Konsultan Pengawas Pasar Batu Rotok Diperiksa Polisi

Ia berharap melalui operasi ini, masyarakat semakin sadar sehingga terciptanya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas) di jalan raya dalam rangka menuju Sumbawa hebat dan bermartabat. (JEN/SR)

iklan bapenda