Sukses, Sasaran Program PERMATA Diperluas

oleh -4 views
F2-Ketua LPMP NTB (Paling kiri) fose bersama Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa (Dua dari kiri) Kasi Susbud BAPPEDA Sumbawa (Tengah) Sekdis Dikbud Sumbawa (Dua dari kana dan salah satu fasda (Paling kanan) usai pertemuan.

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA UNTUK PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI, SERTIFIKASI & KARIR GURU 

SUMBAWA BESAR, SR (05/03/2018)

Pelaksanaan program PERMATA tahun 2017 di tiga sekolah dinilai sukses. Bahkan capaian tersebut menjadi perbincangan menarik tim Inovasi dalam pembahasan hasil pra rintisan 2017 dan rencana rintisan 2018 program inovasi NTB di Mataram, 14 Februari 2018 lalu. Karena kesuksesan itu, pelaksanaan program tahun ini diperluas hingga ke sembilan sekolah di gugus I Kecamatan Alas. Tidak hanya itu, penerima program di Kecamatan Lopok yang sebelumnya hanya tiga sekolah (SDN 1 Lopok, SDN Pungkit dan SDN Tatede) ditingkatkan menjadi delapan sekolah. Sehingga total sekolah yang menerima program tersebut tahun ini sejumlah 17 sekolah. “Rencana awal hanya di Lopok saja. Namun karena progresnya ada peningkatan nilai pembelajaran siswa, diperlebar hingga ke Kecamatan Alas. Di Gugus I Alas,” kata Distric Fasilitator Inovasi Kabupaten Sumbawa, Thamrin, SE, M.Ak, Senin (5/3).

Untuk mengawali program di Alas, tim Inovasi akan melakukan survey. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam mata pelajaran Matematika. Hasil survei inilah yang menjadi dasar tim untuk melakukan intervensi program nantinya. Survei rencananya harus tuntas pada minggu ke dua bulan ini. Sementara pelaksanaan program serempak (Alas dan Lopok) ditargetkan dimulai akhir Maret atau paling telat awal April mendatang. “Surveinya hanya di Alas. Kalau di Lopok kan sudah berjalan,” imbuhnya.

Baca Juga  Inilah Capaian Pemenuhan SPM Dikdas di Kabupaten Sumbawa
Distric fasilitator Inovasi Kabupaten Sumbawa, Thamrin, SE, M.Ak.

Meluasnya sasaran program praktis berimbas pula terhadap jumlah Fasilitator daerah (Fasda). Menurut Thamrin, Fasda akan bertambah dari 10 kemungkinan menjadi 15 atau 16 orang. Dengan perluasan ini akan direkrut kembali Fasda sekitar 5-6 orang dari pengawas dan kepala sekolah,” terang Thamrin.

Pelaksanaan program tahun ini akan lebih mudah. Sebab Fasda telah berhasil membuat modul pembelajaran Matematika. Meliputi kepekaan bilangan, penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, pecahan, soal cerita dan perancangan rencana pembelajaran Experiences, Language, Pictures, Symbols, Application (ELPSA). “Modul ini nantinya diharapkan dapat mempermudah pelaksanaan program di tingkat gugus. Artinya sudah ada pegangan,” tandasnya.

Sementara itu, Fasilitator Daerah senior, Juna Idaman mengungkapkan sejumlah keberhasilan yang dicapai pada program PERMATA 2017. Capaian nilai rata-rata pada semester I tahun pelajaran 2016/2017, pengetahuan 83,04, keterampilan hanya 84,83. Sedangkan di semester II pengetahuan 85,49 dan keterampilan hanya 84,96. Setelah inovasi diterapkan, pada semester I Pengetahuan meningkat menjadi 91,22, keterampilan meningkat menjadi 85,74 . Perubahan ini diasumsikan karena ada intervensi program Permata,” katanya.

Menurut pengawas SD Kecamatan Sumbawa ini, peningkatan terjadi lantaran guru semakin termotivasi dalam menjalankan aktifitas pembelajaran secara profesional. Strategi pembelajaran cenderung tertata, bahkan kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dari lingkungan sekitar cenderung meningkat. “Menariknya lagi mereka sudah menggunakan model pembelajaran ELPSA yang sudah diterapkan di SMP. Namun tidak semua SMP menerapkannya. EPLSA ini adalah kata kuncinya, MIKIR (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi. Dengan MIKIR terjadilah pembelajaran aktif dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa,” terangnya.

Baca Juga  SMAN 1 Plampang Uji Kemampuan 229 Peserta UN

Untuk diketahui, Program PERMATA merupakan salah satu kegiatan program EPD INOVASI untuk Sumbawa tahun 2017-2018. Dalam pelaksanaannya, Program difokuskan pada peningkatan kemampuan guru untuk mengajarkan angka awal. (JEN/SR)

 

DPRD DPRD