Ada Beberapa Perubahan pada Juknis BOS 2018

oleh -28 views
Kasubag Tugas Perbantuan, M Husnul Alwan, S.Ag

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PROGRAM SUB BAGIAN TUGAS PERBANTUAN DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA 

SUMBAWA BESAR, SR (01/03/2018)

DPRD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) telah mengeluarkan pentunjuk tekhnis penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2018. Dalam juknis tersebut terdapat sejumlah perubahan atas juknis BOS tahun 2017. Seperti pemanfaatan dana BOS untuk penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa melalui Kasubag Tugas Perbantuan, M Husnul Alwan, S.Ag mengungkapkan, tahun ini dana BOS sudah bisa dimanfaatkan untuk penyelenggaraan UNBK. Beda halnya dengan tahun lalu yang belum terakomodasi. “Kalau juknis BOS 2017 belum bisa dialokasikan untuk penyelenggaraan UNBK,” terangnya.

Di samping perubahan tersebut, perubahan lainnya terletak pada ketentuan spesifikasi pengadaan barang seperti komputer dan laptop. Tidak dijelaskannya secara detail seperti apa speknya. Namun pihak sekolah diminta untuk berhati-hati dalam hal pengadaan. “Jangan sampai tidak memenuhi standar minimal sebagaimana telah diatur dalam juknis BOS 2018. Jika melenceng dipastikan menjadi temuan. Bahkan setiap barang yang dibeli pun harus bergaransi,” tambah pria low profil ini.

Alwan juga menyebutkan mulai tahun ini verifikasi dan pelaporan dana BOS melibatkan UPT Pendidikan setempat yang dibantu operator. Dalam memaksimalkan perannya, belum lama ini Dikbud telah melakukan pelatihan dan pendidikan operator UPT di Hotel Harapan. Dalam pelatihan itu, operator telah dibekali dengan aplikasi verifikasi dan pelaporan. “Jika 2017 lalu, verifikasi dan pelaporan dana BOS dilakukan oleh Sub Bagian Tugas Perbantuan Dikbud yang tentunya bebannya sangat berat, kali ini dengan keterlibatan UPT, maka beban tugas menjadi lebih mudah. Karena tidak lagi bersentuhan langsung dengan 450 sekolah,” ujarnya.

Baca Juga  Amman Mineral ‘Goes to Campus’ Hadir di Kampus Universitas Teknologi Sumbawa

Di bagian lain, Alwan kembali mengingatkan agar BOS 2018 dapat digunakan sesuai juknis yang telah diatur melalui Permendikbud nomor 1 tahun 2018. Ini perubahan atas Permendikbud nomor 8 tahun 2017 tentang Petunjuk Tekhnis BOS. (JEN/SR)

DPRD DPRD