Warga Desa Langam Diserang Penyakit Aneh

oleh -23 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/02/2018)

Warga Desa Langam Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa diliputi kepanikan. Pasalnya sejumlah warga setempat diserang penyakit aneh. Penyakit yang baru pertamakali muncul ini memiliki gejala sekujur tubuh gatal-gatal disertai bintik merah serta benjolan berisi cairan. Penyakit ini juga menyebar ke seluruh tubuh. Kondisi ini membuat Kades Langam bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, turun tangan mendatangi warganya yang terjangkit penyakit misterius tersebut.

Kades Langam, Sudirman kepada wartawan Selasa (27/2) mengakui adanya penyakit tersebut. Penyakit itu tergolong aneh, lantaran baru kali ini terjadi di wilayahnya. “Penyakit ini menyerang bukan hanya satu atau dua orang saja tapi lebih dari itu,” akunya.

Terhadap hal ini, pihaknya telah melaporkannya ke KUPT Puskesmas Lopok agar dapat diselidiki secara medis. Tim Puskesmas sudah menindaklanjutinya dengan mendatangi korban mengecek dan memberi obat. Untuk memastikan penyakit yang menyerang warga Langam tersebut, masih menunggu hasil pengecekan laboratorium. “Hasil lab ini penting agar masyarakat tidak resah dan bertanya. Hasil ini juga dapat diketahui jenis penyakitnya sehingga penanganan dapat dilakukan sesuai dengan kondisi penderita,” jelas Kades Langam.

Selain tim medis, Tim Muspika Lopok juga turun lokasi mendatangi penderita. Untuk jumlah warga yang terkena penyakit ini, masih dalam pendataan. Iapun menghimbau masyarakat Desa Langam jika mengalami kondisi kulit gatal disertai benjolan berisi air, segera melaporkannya kepada pemerintah desa agar segera dilakukan penanggulangan. “Kami juga minta pemerintah melalui dinas tekhnis khususnya yang membidangi kesehatan segera turun tangan sehingga tidak menimbulkan keresahan bagi masyarakat Desa Langam, apalagi penyakit seperti ini baru pertamakali terjadi di desa kami dan bisa dikatakan penyakit aneh lantaran dalam waktu singkat bisa menular kepada orang yang berada di sekitarnya,” imbuhnya.

Baca Juga  Hendak Jual Motor, Dua Tersangka Curanmor Disergap

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbawa Salamuddin Maula mendesak pemerintah segera melakukan berbagai upaya penanggulangan terutama kepada masyarakat yang menderita penyakit aneh. Dari laporan masyarakat yang diterimanya, sudah puluhan orang terjangkit. Jika dibiarkan berlarut dikhawatirkan akan lebih banyak lagi yang terjangkit. “Jangan lamban menyikapi masalah ini. Jangan dibiarkan masyarakat resah dengan kondisi ini,” ungkap Jalo—panggilan politisi PKS ini.

Ia menduga penyebab penyakit tersebut karena pengaruh mercury pertambangan Bukit Labaong yang booming beberapa tahun lalu di wilayah Kecamatan Lape dan Lopok. Untuk membuktikan kebenaran tersebut tentunya melalui ujilab yang dilakukan dinas teknis. (JEN/SR)

 

iklan bapenda