Tes Urine Mendadak, Satu Anggota Polisi Positif Narkoba

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/02/2018)

Lebih dari seratus anggota Polres Sumbawa dikumpulkan, Kamis (22/2) kemarin. Satu persatu mereka dipersilahkan masuk ke kamar kecil untuk diambil urinenya dan dilakukan tes narkoba. Tes urine yang dinilai mendadak ini membuat sejumlah anggota sedikit panik. Tapi mereka tidak bisa berkutik karena dijaga ketat petugas Unit P3D (Provost) yang dipimpin IPTU Buhari Tamal. Tes urine ini merupakan perintah Kapolres sebagai upaya bersih-bersih ke dalam. Terlebih lagi maraknya peredaran narkoba di wilayah hukumnya. Hasil dari tes urine ini terungkap satu anggota dinyatakan positif narkoba.

Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yusuf Sutejo SIK MT yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Jumat (23/2), mengakui satu anggotanya positif narkoba dalam tes urine yang diikuti lebih dari 100 orang. Saat ini oknum anggota berinisial Bripda AZ—anggota Polsek di wilayah bagian barat Sumbawa tersebut dalam pemeriksaan penyidik Unit P3D. Sejauh ini belum diketahui apakah oknum anggota itu pengedar atau pengguna. Jika pengguna akan direhabilitasi namun tetap dilakukan tindakan disiplin. Sebaliknya jika pengedar, akan dikembangkan untuk mengungkap jaringan dan bandarnya. Tentunya tindakan tegas termasuk sanksi pemecatan akan dijatuhkan.

Untuk diketahui, ungkap Kapolres, tes urine di kalangan internal dilakukan secara rutin dan mendadak. Ketika ada anggota yang ketahuan menyalahgunakan narkoba, pihaknya tidak segan-segan bertindak tegas. “Kita sikat, kita ingin bersih-bersih di dalam sebelum melakukan tindakan di luar,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Rusak Properti PT SBM, Pendemo Tolak Tambang akan Diproses Hukum

DPRD DPRD