SDN Pangenyar Dikunjungi Tim Literasi Pulau Moyo–Medang

oleh -32 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA UNTUK PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI, SERTIFIKASI & KARIR GURU

SUMBAWA BESAR, SR (07/02/2018)

Tim Literasi Pulau Moyo—Medang melakukan study visit di SDN Pangeyar Kecamatan Moyo Hilir, belum lama ini. Kunjungan tersebut dilakukan karena SDN Pengenyar menjadi salah satu dari 10 sekolah sasaran replikasi Program Literasi. Study visit ini bertujuan untuk mengadopsi praktik-praktik terbaik yang telah dilakukan SDN Pangenyar selama pendampingan untuk diterapkan nantinya di Pulau Moyo dan Pulau Medang. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Dikbud Kabupaten Sumbawa, Irine Silviani, SP MM, Kasi Kurikulum SD, Junaidi S.Pd., M.Pd, Tim Inovasi dari Yayasan Sayangi Tunas Cilik Mitra Save Children Jakarta, Kepala UPT Kecamatan Labuhan Badas dan Moyo Hilir.

Ada beberapa hal yang dipelajari melalui study visit ini. Di antaranya tentang integrasi keterampilan membaca ke dalam pembelajaran, pengamatan pos baca, pelaksanaan pertemuan orang tua, penerapan sahabat baca dan menelusuri hasil-hasil kegiatan Gema Literasi dengan melakukan wawancara dengan anak. Kehadiran tim ini disambut antusias guru-guru dari Pulau Moyo dan Pulau Medang yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mengalami proses belajar langsung dari sumber sekaligus pelaku Germa Literasi melalui serangkaian kegiatan pengamatan dan wawancara. Hasil-hasil pengamatan observasi kelas dan wawancara selanjutnya dibahas dalam forum diskusi untuk melihat sisi-sisi baik yang bisa diadopsi di sekolah masing-masing.

Baca Juga  Atlet E-Sports Kabupaten Sumbawa Juara Satu Nasional

Kepala Bidang Pembinaan SD Dikbud Sumbawa, Irine Silviani, S.P., MM menyampaikan, tahun 2017 lalu kegiatan inovasi khususnya literasi sudah dilaksanakan di Kecamatan Utan dan Kecamatan Moyo Hilir. Tahun 2018 ini pihaknya melalui APBD melakukan replikasi kepada sekolah-sekolah yang berada di Pulau Medang dan Pulau Moyo. Dari kegiatan ini diharapkan guru-guru dapat belajar dan menerapkan kegiatan literasi ini. “Kreatifitas dan inovasi dari teman-teman yang sudah melakukan sebelumnya dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman yang akan melakukan. Apalagi kita sudah punya Peraturan Bupati tentang Gerakan Literasi di Sekolah. Dan untuk SD kita sudah ada. Mudah-mudahan semua sekolah sudah pegang,” ujarnya.

Iren berharap peraturan bupati itu tidak hanya disimpan tetapi dibaca. Karena untuk mengaplikasikannya harus banyak melihat dan membaca. Dimana dari dua kecamatan yang sudah diintervensi dari literasi dapat mengembangkan program ini agar lebih bagus kedepannya. “Harapannya dapat lebih dikembangkan. Tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada di masing-masing sekolah. Mudah-mudahan ini akan sangat bermanfaat sekali. Kita dapat bersama-sama mengambil manfaat dari semua tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya,” tandas Iren.

Sebelumnya Kepala SDN Pangenyar, Abdul Razak, S.Pd dalam sambutan penerimaannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim literasi khususnya guru dari Pulau Moyo dan Pulau Medang yang telah berkunjung ke sekolahnya. Di mana SDN Pangenyar dipercayakan menjadi contoh sekaligus tempat membagi pengalaman. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Tim Saber Temukan Pungli PPDB, Dikpora KSB Siapkan Sanksi

 

 

 

iklan bapenda