Listrik Padam, Simulasi UNBK di SMAN 1 Plampang Terganggu

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (07/02/2018)

Salah satu ruangan di SMA Negeri 1 Plampang seketika gaduh. Konsentrasi para siswa yang menjadi peserta simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menjadi buyar. Ini disebabkan listrik padam secara mendadak, Selasa kemarin. Tentu saja kondisi ini sangat mengecewakan siswa. Apalagi saat itu mereka sedang focus berhadapan dengan sejumlah soal yang disajikan secara nasional menggunakan sistem online.

Pantauan SAMAWAREA, ratusan siswa yang memadati ruang berhamburan keluar dan memilih belajar di teras. Kondisi itu berlangsung selama 4 jam, hingga akhirnya listrik kembali dinyalakan PLN. Terpaksa jadwal simulasi yang ditetapkan pusat di SMAN 1 Plampang molor, dan berakhir pukul 18.00 Wita.

Ketua BPP SMAN 1 Plampang, Gede Sudana menyesalkan padamnya listrik tersebut karena secara psikologis mengganggu mental para peserta simulasi yang tengah focus mengerjakan soal. Ia berharap ke depan kejadian padamnya listrik PLN ini tidak terjadi lagi terlebih saat pelaksanaan Ujian Nasional mendatang.

Sementara Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 1 Plampang, Sophan Sahbasyah S.Pd mengatakan, simulasi yang dilaksanakan secara nasional ini bermaksud melatih siswa kelas XII agar bisa lebih paham dan lancar dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer menggunakan sistem CBT (Computer Base Test). Karena itu simulasi dinilai sangat penting. Namun insiden padamnya listrik sedikit mengganggu konsentrasi peserta karena mereka sudah tidak focus menjawab soal di layar monitor. Tentu hal tersebut sangat disesalkannya. “Kami para operator dan teknisi terpaksa ekstra ngebut untuk mengejar pekerjaan upload hasil ujian masing-masing sesi. Sebab waktu sudah terbuang percuma karena padamnya listrik. Apalagi server utama yang berada di Jakarta menerima upload data sampai pukul 18.00 Wita,” kata Sophan.

Baca Juga  Sambut HUT RI, 155 Regu Meriahkan Gerak Jalan Hari Pertama

Ia berharap kepada pemerintah terutama PLN untuk memperhatikan secara serius tentang UNBK ini. Sebab simulasi UNBK merupakan wadah bagi anak didik untuk melatih dirinya menggunakan perangkat IT. Karena ke depan mulai sedikit tes menggunakan kertas. (BUR/SR)

 

 

BPSK dukacita dukacita bankntb