DPRD Sumbawa Dukung Langkah Bupati Benahi Batu Gong

oleh -52 views
Kamaluddin ST M.Si, Wakil Ketua DPRD Sumbawa

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN  DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (07/02/2018)

DPRD Kabupaten Sumbawa mendukung rencana pemerintah daerah yang ingin membenahi Pantai Batu Gong Kecamatan Badas sebagai salah satu destinasi wisata sehat. Dukungan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD setempat, Kamaluddin ST M.Si saat ditemui wartawan belum lama ini.

Menurut Kamal—sapaan politisi PPP ini, langkah Bupati Sumbawa yang menginstruksikan jajarannya untuk merealisasikan rencana tersebut merupakan langkah maju dalam rangka membenahi sektor pariwisata yang selama ini belum termaksimalkan. Sebab sebagian besar bangunan yang ada di lokasi obyek wisata melanggar aturan. Seperti bangunan di Pantai Batu Gong, Labuhan Alas, Desa Luk Kecamatan Rhee dan beberapa lokasi pantai lainnya sebagiannya berdiri di dalam laut dan garis sepadan pantai. Karena itu perlu ditata kembali agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Khusus Batu Gong, sambung Kamal, penataan juga dimaksudkan untuk menghilangkan imej negatif selama ini bahwa Batu Gong kerap diidentikkan sebagai lokasi munculnya penyakit masyarakat. Keberadaan café, karaoke dan rumah makan di kawasan itu sebenarnya tidak dilarang asalkan mengikuti aturan yang telah diperdakan dan aturan main lainnya. “Aturan dimaksud seperti bangunan harus memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan), kafe dan restoran benar-benar beroperasi sebagaimana layaknya kafe sebagai tempat bersantai menikmati kopi dan minuman lainnya yang tidak ada unsur alkohol, termasuk juga dengan pelayannya berpakaian rapi sesuai dengan norma adat istiadat yang ada di daerah kita. Jika aturan yang telah diterapkan dan dilanggar, maka sikap tegas dan adil harus ditegakkan,” tandasnya.

Baca Juga  Bupati dan DPRD Bantu Bangun Sel Tahanan Polres Sumbawa
Para waitress cafe di Sampar Maras Batu Gong yang sebagian besar didatangkan dari luar daerah. Mereka diperiksa polisi saat Operasi Antik Tahun 2017 lalu

Sebelumnya Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril BSc mengatakan, obyek wisata Batu Gong perlu ditata ulang agar menjadi destinasi wisata yang sehat. Bupati merasa miris ketika melewati pantai wisata Batu Gong dan melihat langsung “pemandangan” yang tidak pantas dilakukan secara terbuka. Karena itu bupati meminta kepada jajaran Pol PP, Dinas Pariwisata, dan pihak terkait lainnya agar secara intens menjaga obyek wisata Batu Gong dari penyakit masyarakat. “Jangan sampai peristiwa yang berpotensi merusak kondusifitas Sumbawa terulang kembali,” ujar Bupati mengingatkan.

Bupati menekankan agar tidak mentolerir hal-hal yang membawa penyakit bagi masyarakat. Namun demikian Bupati mengingatkan agar tetap mengedepankan cara-cara persuasif dalam melakukan pembinaan. Solusinya antara lain melakukan pendataan dan pembinaan terhadap masyarakat yang tinggal dan mencari nafkah di sana, kemudian membuat kafe-kafe sehat yang bisa menjadi wisata keluarga, misalnya sajian kuliner khas Sumbawa dan hiburan yang sehat. (JEN/SR)

 

iklan bapenda