Hati-hati ! Penipuan Belanja Online Kian Marak

oleh -20 views

SUMBAWA BESAR, SR (04/02/2018)

Masyarakat kudu waspada. Pasalnya belakangan ini penipuan melalui media social kian marak. Kemarin, Ruang Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Sumbawa didatangi dua orang sekaligus untuk melaporkan kasus tindak pidana penipuan melalui media social. Keduanya tertipu saat melakukan transaksi atau belanja online.

Adalah ARN (29). Warga Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa ini harus kehilangan uang Rp 3 juta. Bermula ketika ARN memesan emas seberat 13 gram dari terlapor bernama Febi Maya Sari melalui media social Facebook, 17 Januari 2018 lalu. Perjanjiannya korban harus menstranfer uang di muka sebesar Rp 3.000.000, dan barang pesanan (emas) akan dikirim 25 Januari. Setelah korban sudah mengirim uang secara bertahap sebanyak 3 kali, emas 13 gram itu tak kunjung dikirim. Akhirnya korban lapor polisi dan tercatat dengan nomor LP/83/1/2018/SPKT Res.Sumbawa.

Nasib serupa dialami DCP (28). Karyawan honorer, yang berdomisili di Kelurahan Brang Bara, Kecamatan Sumbawa, tertipu uang Rp 1,2 juta. Kejadiannya, Jumat 2 Februari 2018 sekitar pukul 13.00 Wita. Ketika itu korban memesan tas jinjing merk Donini melalui medsos Instagram. Korban pun melakukan pembayaran via transfer sebesar Rp 1.237.000 kepada pelaku. Setelah uang terkirim, pelaku langsung memblokir akun Instagram milik korban. Merasa ada yang tidak beres, korban langsung lapor polisi. Kedua laporan ini telah ditangani penyidik Reserse dan Kriminal Polres setempat. Korban telah dimintai keterangan sebagai dasar untuk menyelidiki kasus tersebut. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Hujan Deras, Hotel Cendrawasih Sumbawa Terbakar

dukacita dukacita bankntb