Verifikasi Tercepat, KPU Nyatakan Hanura Sumbawa Memenuhi Syarat

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (01/02/2018)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa menyatakan Partai Hanura Sumbawa memenuhi syarat (MS). Penegasan KPU ini disampaikan usai melakukan verifikasi faktual di Sekretariat Hanura, Jalan Cendrawasih Sumbawa Besar, Kamis (1/2) siang tadi. Verifikasi yang diawasi jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) ini dipimpin Ketua KPU Syukri Rahmat S.Ag didampingi para komisioner lainnya yakni Sudirman SIP, Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi, Aryati S.Pd.I, dan Nurkholis SAP. Hadir menyambut kehadiran tim verifikasi ini di antaranya Ketua DPC Hanura Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik, Sekretaris M Yamin SE M.Si, Ketua Dewan Penasehat H. Sadaruddin S.Sos, Wakil Ketua Abu Sufyan Muchtar S.Pt, Anggota DPRD Sumbawa dari Fraksi Hanura dan sejumlah pengurus lainnya, serta ketua PAC dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag mengatakan, verifikasi factual ini dilakukan pada semua partai politik (parpol) yang ada, tak terkecuali parpol-parpol yang sudah berdiri lama. Tahapan ini dalam rangka melaksanakan amanat Mahkamah Konstitusi (MK). Secara tekhnis, timnya akan mengecek status kantor, pengurus, keaktifan keanggotaan partai termasuk sebaran KTA (Kartu Tanda Anggota) minimal 50 persen dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa. “Data sudah kami pegang dan lengkap, kami datang ke sini hanya untuk memastikannya secara faktual,” kata Syukri—akrab komisioner santun ini disapa.

Baca Juga  Setelah Anggota Bawaslu, Giliran Komisioner KPU Sumbawa Jatuh Sakit

Dari hasil verifikasi yang berlangsung cukup singkat ini, Syukri menyatakan Hanura Kabupaten Sumbawa telah memenuhi syarat. Hasil verifikasi ini akan diteruskan ke pusat melalui KPU Propinsi NTB dan berharap dapat ditetapkan sebagai salah satu kontestan untuk berkompetisi di Pemilu 2019 mendatang.

Untuk diketahui, sejak 30 Januari lalu, ungkap Syukri, KPU Sumbawa telah melakukan 9 partai politik termasuk Hanura dan semua dinyatakan memenuhi syarat. Setelah Hanura, pada hari yang sama KPU akan memverifikasi Partai Nasdem, sebelumnya PKPI. Sesudah itu Partai Berkarya, lalu PPP dan ditutup Partai Amanat Nasional (PAN). “Kami berharap seluruh parpol yang akan kita verifikasi factual dapat mempersiapkan diri, agar ketika verifikasi nasional seluruhnya memenuhi syarat dan bisa lulus sebagai kontestan 2019,” tandasnya.

Sementara itu Ketua DPC Partai Hanura Sumbawa, Drs. H. Jamaluddin Malik menyampaikan terima kasih kepada KPU yang telah melakukan verifikasi factual dan Panwas yang setia dalam melakukan pengawasan. Ia juga mengapresiasi kebersamaan para kader, pengurus DPC dan PAC sehingga verifikasi factual berjalan baik, lancar dan singkat dengan hasil Hanura dinyatakan memenuhi syarat. “Ini bukti kebersamaan kita, berkat kebersamaan ini alhamdulillah semuanya dinyatakan memenuhi syarat,” ujarnya.

Namun JM—panggilan Bupati Sumbawa dua periode (2005—2010, 2010—2015), mengatakan bahwa hasil verifikasi tersebut belum akhir melainkan babak baru. Tapi hasil ini dapat menjadi penyemangat atau motivasi agar prestasi Hanura pada Pemilu 2014 yang menjadi partai pemenang di Kabupaten Sumbawa dapat terulang pada Pemilu 2019 bahkan dengan hasil yang lebih baik lagi. “Prestasi itu diraih berkat kebersamaan. Tidak ada orang hebat dan orang pintar sendiri, mereka menjadi hebat dan pintar itu karena ada bantuan orang lain. Untuk itu kita jaga kebersamaan ini sampai ke tingkat paling bawah, karena dengan kebersamaan tidak ada yang mustahil,” demikian JM. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb