Ketua DPRD Sumbawa Dorong Konsolidasi BPR se-Pulau Sumbawa

oleh -17 views
HL. Budi Suryata SP

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA 

SUMBAWA BESAR, SR (01/02/2018)

Ide konsolidasi BPR NTB se-Pulau Sumbawa yang sebelumnya disuarakan anggota Komisi II DPRD Sumbawa mendapat dukungan dari Ketua DPRD setempat, Lalu Budi Suryata SP. Politisi PDI Perjuangan itu menganggap ide tersebut sangat cerdas karena diyakini akan memberi keuntungan bagi setiap daerah di Pulau Sumbawa. Lebih khusus Kabupaten Sumbawa yang nantinya harus menjadi kantor pusat.

Namun untuk merealisasikan konsolidasi itu dibutuhkan kajian yang mendalam serta kesepakatan dari semua pihak. Meski demikian konsolidasi se-Pulau Sumbawa itu dimungkinkan dari sisi aturan baik perundang-undangan yang berlaku maupun aturan perbankan itu sendiri. “Kalau memungkinkan dan kita mampu, kenapa tidak dan mari kita kaji. Karena bila ini bisa dilakukan tentu akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat. Karena diperbankan itu utamanya yang harus dibangun adalah kepercayaan,” kata Budi Suryata.

Untuk merealisasikan ide progresif tersebut Budi mengajak semua pihak termasuk pemerintah daerah mulai proaktif. Karena hal itu diyakini akan memberi dampak positif yang sangat besar bagi daerah.

Di bagian lain terkait keinginan konsolidasi PD BPR NTB se-NTB menjadi sebuah PT dan saat ini terus berproses, Budi menilainya terlalu dipaksakan. Terlebih sebelumnya Sumbawa dengan tegas menolak dengan berbagai alasan yang sangat rasional dari hasil kajian yang telah dilakukan. Misalnya dari sisi yuridis dan regulasi yang ada. Belum lagi terkait kondisi BPR NTB Sumbawa yang hingga saat ini menjadi salah satu yang terbaik di NTB. Sedangkan sebagian BPR lainnya saat ini kondisinya masih terseok-seok alias sakit. “Yang paling rasional tentu konsolidasi se-Pulau Sumbawa. Dan ini akan kita dorong selama semuanya memungkinkan. Dan sekali lagi kajian mendalam adalah hal utama yang musti kita lakukan,” pungkasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Takdir Ditakdirkan Gantikan Sambirang Sebagai Ketua PKS Sumbawa