TAGANA, PMI dan Pramuka Gelar Baksos Pasca Banjir

oleh -5 views

SUMBAWA BESAR, SR (28/01/2018)

Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pramuka berkolaborasi melaksanakan bakti sosial (Baksos) pasca bencana banjir di Dusun Penam Raya, Desa Langam, Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa, Minggu (28/1). Tiga organisasi yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Tim Relawan Kemanusiaan ini melakukan pembersihan di lokasi banjir sebagai upaya untuk menormalkan lingkungan tersebut agar terlihat bersih dan tertata. Sebelumnya TAGANA, PMI dan Pramuka telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir di wilayah setempat.

Koordinator TAGANA Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I yang dihubungi SAMAWAREA mengatakan, bhakti social tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari penanganan pasca bencana. Baksos ini difokuskan untuk pembenahan salah satu rumah warga yang rusak berat akibat diterjang banjir. Sebab sampai saat ini rumah tersebut belum ditempati, selain bekas reruntuhan bangunan, juga menumpuknya sampah dan bekas lumpur. Selain itu tim juga membersihkan lingkungan setempat. Sebab biasanya pasca banjir bibit penyakit berpotensi berkembang biak akibat lingkungan yang kotor dan air yang tergenang. Dengan lingkungan yang bersih, masyarakat setempat menjadi nyaman dan minimal terhindar dari penyakit. Dedi berharap pemerintah daerah melalui leading sektor terkait dapat merenovasi kediaman warga yang rusak parah sehingga penghuninya bisa melanjutkan hidupnya secara normal.

Seperti diberitakan, bencana banjir menerjang Kecamatan Lape dan Lopok, 24 Januari 2018. Dalam musibah tersebut, puluhan rumah terendam termasuk beberapa rumah di Dusun Penam Raya, Desa Langam, Kecamatan Lopok. Selain itu Jalan Penghubung Ngali-Labuan Kuris putus total sehingga mengganggu aktivitas warga. Salah satu rumah yang rusak berat milik Hendi Sugiharto (58). Pasalnya rumah pemanen yang dihuni 7 jiwa ini sudah tidak bisa ditempati lagi. Hendi bersama istri dan 5 orang anaknya terpaksa mengungsi di rumah keluarganya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gubernur NTB Dukung Penuh Muktamar GPII XIII di Mataram