Protes Perekrutan Karyawan di Macmahon, Kades se-KSB Ancam Demo

oleh -8 views
Andi Subandi S.Pd (Andi Bree) Kades Sapugara Bree

SUMBAWA BARAT, SR (25/01/2018)

Forum Komunikasi Kepala Desa Kabupaten Sumbawa Barat (FK2D KSB) yang membentuk tim pengawal rekrutmen karyawan PT Macmahon menyurati panitia rekrutmen tenaga kerja Macmahon. Dalam surat tersebut terdapat lima petisi untuk ditindaklanjuti oleh panitia tersebut. Jika petisi itu tidak direalisasikan, FK2D mengancam akan melakukan longmarch.

Surat bernomor: 1/TPKM/FK2D/2018 yang dikeluarkan Tim Pengawal Rekrutmen PT Macmahon yang diketuai Andi Subandi Kepala Desa Sapugara Bree tentang Rekrutmen Tenaga Kerja ini berisi beberapa poin. Yakni meminta Panitia Rekrutmen Karyawan PT Macmahon mengakomodir kuota masing-masing desa di KSB. Kuota dimaksud bukan termasuk waiting list. Meminta panitia rekrutmen untuk memperjelas status karyawan yang ditransfer ke PT AMNT dan Macmahon kepada masyarakat. Meminta panitia memperjelas kebutuhan tenaga kerja yang skill, non skill, dan semi skill. Panitia rekrutmen harus memberi keputusan sebelum pengumuman tes tulis. Terakhir, jika tuntutan ini tidak dipenuhi maka Kepala Desa KSB bersama masyarakat akan melakukan longmarch.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KSB, H. Abdul Hamid menegaskan tidak ada kuota masing-masing desa seperti yang diinginkan FK2D. Lowongan tenaga kerja ini dibuka untuk umum dan memprioritaskan masyarakat KSB khususnya. “Jadi tidak ada kuota masing masing desa. Siapa yang mau lulus harus bekerja keras untuk menjadi yang terbaik dalam mengikuti tes,” tegasnya.

Baca Juga  Pimpin Apel Terakhir, Haji Ading Mohon Pamit

Mengenai kejelasan status karyawan yang ditransfer ke Macmahon dan AMNT, Haji Abdul Hamid  mengaku bukan kewenangannya untuk menjelaskan, melainkan menjadi ranah perusahaan. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb