Muluskan PDPGR, Pemda KSB Gandeng BNI dan Mandiri

oleh -9 views
Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin MM

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PERTANIAN PETERNAKAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (25/01/2018)

Pemda KSB melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pimpinan Bank Mandiri dan Bank BNI Taliwang. Penandatanganan MoU ini merupakan langkah awal kerjasama Pemerintah KSB bersama kedua bank tersebut. Untuk Bank Mandiri, kerjasama dilaksanakan untuk penyaluran anggaran Kartu Bariri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sementara kerjasama dengan Bank BNI, untuk penyaluran anggaran bantuan Kartu Bariri Ternak, Kartu Pariri Sehat/BPJS, Kartu Pariri Disabilitas dan Kartu Pariri Lansia.

Pimpinan Bank BNI Taliwang, Suhartono ST mengatakan, kerjasama yang dibangun Pemerintah KSB bersama sejumlah bank adalah langkah yang baik. Kerjasama dengan banyak pihak ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti yang terjadi jika kerjasama terpaku dengan satu pihak saja. Selain itu, PDPGR yang diterapkan sangat mendukung percepatan mensejahterakan rakyat, dimana seluruh pihak bekerjasama, gotong royong, dan bahu membahu untuk mengangkat harkat martabat masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. ‘’Kami sangat mengapresiasi kebijakan Pak Bupati termasuk program PDPGR yang sangat luar biasa ini,” kata Suhartono.

Kepala Bank Mandiri Taliwang, Syaiful Azwan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemda KSB yang telah menggandeng Bank Mandiri dalam penyaluran Bantuan Bariri UMKM. Bank Mandiri berterimakasih karena Pemerintah KSB yang tidak hanya menempatkan dana UMKM di Bank Mandiri, tapi juga menyediakan database yang sangat akurat. Data ini sangat penting karena Bank Mandiri bermain di skema UMKM. ‘’Ini out of the book, program yang amazing, sentuhannya sesuai hajat kita, ini bukan retorika tapi praktis dan pengalaman kami sampai di Jawa pun program ini belum ada,” kata Syaiful.

Baca Juga  Terkait Kasus Penipuan Pegawai BKPP, Syahruddin SH: Sudah Kami Mediasi

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. HW Musyafirin MM mengatakan, PDPGR adalah program yang membangun kekuatan bersama, partisipasi aktif seluruh pihak dalam mensejahterakan rakyat dan memajukan KSB. Bupati pun mencontohkan, Kartu Bariri, tujuan dari program ini adalah sebagai segmen melatih rakyat KSB berwirausaha, beternak, bertani dan menjadi nelayan yang memiliki manajemen keuangan yang baik dengan cara menabung. Hal ini akan merangsang multiplier effect karena nantinya minimal penerima bantuan membelanjakan uangnya di tengah masyarakat. “Tujuan saya agar hak-hak dasar masyarakat KSB bisa terpenuhi,” kata Bupati.

Kerjasama dengan bank pun sangat penting lanjut Bupati. Sebab sistem yang diaplikasikan di bank bisa meminimalisir bahkan memotong adanya penerima ganda bantuan dari pemerintah. Ini bertujuan agar masyarakat luas dapat merasakan program pemerintah. ‘’Kami juga minta kepada bank yang belum menyetor atau menabung dari nilai bantuan yang diterima untuk ditagih, datangi saja mereka. Saya juga berharap jangan sampai bank menurunkan penumpang di tengah jalan, tetapi hantarkan masyarakat sampai sukses,” imbuh Bupati.

Turut mendampingi Bupati dalam pendantanganan MoU ini, Sekda Kabupaten Sumbawa Barat, H. Abdul Azis SH MH, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Dr. H. Amry Rakhman M.Si, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Nurdin Rakhman SE. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb