Sumbawa Bertekad Lepas Status Sebagai Kabupaten Tertinggal

oleh -27 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/01/2018)

Hingga kini Kabupaten Sumbawa masih berstatus sebagai daerah tertinggal. Untuk melepas status tersebut, berbagai upaya yang dilakukan pemerintahan Bupati HM Husni Djibril B.Sc—Drs. H. Mahmud Abdullah (Husni—Mo) selama masa pemerintahannya yang masih tersisa tiga tahun lagi. Upaya kearah itu sudah menemui hasil dengan berbagai yang capaian terus diukir Kabupaten Sumbawa. Ini didorong dari keinginan Husni—Mo untuk selalu berikhtiar menunaikan janji-janji kampanye yang sudah dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Sumbawa Tahun 2016-2021. Kerjasama sinergis dengan pemerintah pusat dan propinsi terus dijalin agar program pembangunan dari pusat tetap digelontorkan ke daerah. Sudah banyak program yang berhasil diraih dengan nilai triliunan rupiah, di samping dorongan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah untuk wajib memiliki minimal satu program inovasi. “Ini kami lakukan salah satu tujuannya melepas status Sumbawa sebagai kabupaten tertinggal,” ujar Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc saat berpidato pada Upacara HUT Kabupaten Sumbawa ke-59  di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Senin (22/1).

Bupati mengaku bersyukur dengan hadirnya sejumlah pejabat negara di momen tersebut. Di antaranya Ketua Satgas Dana Desa Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Bibit Samad Riyanto. Hadir mewakili Menteri, membuat pemerintah dan masyarakat Sumbawa semakin bersemangat untuk membangun desa,  mengatasi keterisoliran yang masih dihadapi oleh desa-desa di daerah ini, terutama di wilayah bagian selatan dan desa-desa di pulau terpencil. “Jadi tidak salah jika Pak Menteri yang diwakili Pak Bibid berkunjung ke Kabupaten Sumbawa, karena Kabupaten Sumbawa mayoritas wilayahnya adalah perdesaan, yakni terdiri dari 157 desa dan hanya memiliki 8 kelurahan. Di samping itu, Kabupaten Sumbawa sampai saat ini masih berstatus kabupaten tertinggal dan juga menjadi daerah penerima transmigrasi,” jelasnya.

Baca Juga  Positif Covid, Bayi 9 Bulan Meninggal Dunia, Bayi 1 Bulan Sembuh  

Bupati optimis melalui program Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang tersebar pada berbagai organisasi perangkat daerah, desa-desa di Kabupaten Sumbawa akan tambah maju. Selain itu Bupati juga berharap dukungan dari Wakil Ketua DPR H Fahri Hamzah SE, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Dr. H. Zulkieflimansyah SE M.Sc dan Anggota DPR RI, Syafruddin ST yang hadir saat itu untuk bisa mendatangkan anggaran maupun program pusat ke daerah ini. “Jika sudah demikian, insya Allah kabupaten sumbawa akan terentaskan dari status sebagai kabupaten tertinggal,” tandasnya. (JEN/SR)

 

 

dukacita dukacita bankntb