Pesta Rakyat Lintas Etnis Upaya Merajut Kebersamaan 

oleh -4 views
Bupati Cicipi makanan khas

Berlangsung Semarak, Pengunjung Kenyang dan Senang 

SUMBAWA BESAR, SR (22/01/2018)

Pesta Rakyat Lintas Etnis dalam memperingati HUT Kabupaten Sumbawa ke-59, berlangsung meriah dan semarak. Sebanyak 13 etnis ikut berpartisipasi dengan menyajikan berbagai kuliner khas dari etnisnya masing-masing disajikan. Selain itu mereka juga menampilkan atraksi seni budayanya. Kegiatan yang dipusatkan di Taman Mangga, Senin (22/1) penuh nuansa persaudaraan dan persatuan.

Event yang diselenggarakan Purna KNPI dan DPD KNPI Sumbawa ini sudah yang kedua kalinya. Hadir dalam kesempatan itu Bupati HM Husni Djibril dan Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah beserta istri, Anggota DPR RI Dr. H. Zulkieflimansyah SE M.Sc beserta istri, Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekda Sumbawa, Pimpinan Etnis dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Sumbawa.

Pantauan SAMAWAREA, masing-masing etnis membangun stand. Seperti Etnis Sasak Samawa menyajikan kuliner Cerorot, Sate Bulayak, Jaje Tujak Poteng, Ares, dan Serbat. Mereka juga mementaskan atraksi Gendang Beleq. Kemudian Etnis Jawa Samawa menyajikan Sego Pecel, Ketan Kumbu, Cendol, Tiwul, Gatot, Kelepon, dan Lemper. Etnis ini menampilkan atraksi Reog dan Kuda Buto.

Etnis Minang Samawa dengan kuliner Sarikayo, Lapek Sagon, Pangek Pisang, Sala Lawuek, dan Teh Taluwe, sekaligus mementaskan Tari Pasambahan dan Tari Indang. Selanjutnya Etnis Tionghoa Samawa. Di stand ini didapati kuliner Bakpao, Cakue, Kue Keranjang, Kue Cang, Kue Mangkok, Kueku, Kompyang, Ronde, dan Manisan/Permen. Atraksi yang ditampilkan juga sangat menarik yakni Barongsai dan Liong.

Baca Juga  Selamat !! Heri Susanto Ketua REI NTB Terpilih

Berikutnya Etnis Flobamora Samawa dengan sajian kuliner Jagung Bose, Rumpu Rampe, dan Mangulu. Seperti etnis lainnya, Flobamora juga menampilkan atraksi Hegong dan Rokatenda. Etnis Bali Samawa dengan sajian kuliner Daluman, Dodol, Serabi, dan Pisang Rai, serta menampilkan atraksi Tari Pendet. Etnis Madura Samawa dengan makanan khasnya yang menggugah selera yaitu Sate, Soto, dan Sambel Bitcen Kelor. Atraksi yang ditampilkan adalah Pencak Silat dan Drum Band Sholawat Badar.

Kuliner dan atraksi semakin beragam dengan adanya Etnis Arab Samawa. Di stand ini disajikan kuliner Nasi Kabuli, Roti Maryam, Kurma, dan Air Zam-Zam, diiringi alunan syahdu Musik Gambus. Di stand lainnya ada Etnis Batak Samawa. Di sini disajikan kuliner Ombus-Ombus, Arsik, Banrek Jahe, dan Pohul-Pohul, yang dimeriahkan dengan Vocal Grup menyanyikan lagu-lagu Daerah Batak. Etnis Mbojo Samawa menyajikan kuliner Minasarua (jamu perkasa pria), Timbu (nasi bambu), dan Dahi Mbojo. Etnis Sulawesi Samawa juga ikut ambil bagian dengan menghamparkan kuliner Coto Makassar, Pisang Ijo, Barongko, Cucuru, Baro’bok, Lawar, dan Burasa.

Etnis Sunda Samawa tak mau kalah, dengan kuliner khasnya Karedok, Semur Jengkol, Ulukutek Oncom, Comro, Angleng, dan Borondong. Di tempat ini pengunjung dihibur Atraksi Jaipongan. Terakhir Etnis Samawa sebagai ‘tuan rumah’. Kulinernya Palopo Poteng Lege Puti, Dange, Kebo Barupak, Ure, Martabak Punti, dan Janda Berenang, dengan menampilkan Sakeco. Lokasi kegiatan padat merayap. Selain dihibur dengan persembahan seni budaya, pengunjung juga dapat mencicipi makanan khas secara gratis.

Baca Juga  Lahannya 'Diserobot' JUT PNPM, Boss Rombeng Lapor Polisi

Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril B.Sc yang membuka secara resmi kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa Pesta Rakyat Lintas Etnis mulai diadakan tahun 2017, dan pada tahun 2018 ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya untuk memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa. Bupati menyebutkan bahwa hajat dari kegiatan ini adalah untuk menggelorakan kembali semangat nasionalisme, bahwa Sumbawa adalah miniatur Indonesia, terdiri dari beragam etnis, namun masyarakatnya dapat hidup berdampingan secara damai dan harmonis. “Kita bisa bersatu dalam kemajemukan tanpa harus menyeragamkan kemajemukan yang ada, karena perbedaan adalah rahmat dan persatuan adalah amanat,” ujar Bupati. (JEN/SR)

 

 

 

dukacita dukacita bankntb