Doktor Zul: Pesta Rakyat yang Luar Biasa

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/01/2018)

Mempersatukan perbedaan dalam sebuah kebersamaan tidaklah mudah. Namun ketika ada niat dan ditindaklanjuti melalui perbuatan maka keinginan tersebut tidaklah sulit. Ini terbukti dari kegiatan yang mempersatukan 13 etnis yang ada di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang diinisiasi Purna KNPI dan DPD KNPI Sumbawa ini dikemas dalam “Pesta Rakyat dan Pentas Seni Lintas Etnis.

Anggota DPR RI yang juga putra daerah Sumbawa, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc menilai kegiatan pesta rakyat yang melibatkan semua etnis di Tana Samawa sangat positif dan bermanfaat. Sumbawa sejak jaman kerajaan sudah didiami oleh banyak etnis dan agama, kini ragam etnis semakin bertambah.  Satu hal yang patut digarisbawahi adalah kebersamaan di tengah banyaknya perbedaan merupakan hal yang indah dan sulit terjadi. ‘’Kenyataanya inilah yang terjadi di Kabupaten Sumbawa. Bahwa pergelaran pesta rakyat menjadi salah satu perekat dalam sebuah kebersamaan. Berbeda adalah rahmat, bersatu adalah sebuah tekad. Semoga ke depan, kebersamaan ini terus terpelihara denan baik, dan senantiasa lebih intens melakukan interaksi dalam berbagai bentuk dan kesempatan. Saya ikut secara langsung meninjau sekaligus mencicipi berbagai kuliner. Masyarakat juga antusias. Ini sangat positif dan pesta rakyat yang luar biasa merajut keragaman menjadi indah dan perlu dilanjutkan,’’ sarannya.

Aminuddin Lewa salah seorang warga Sumbawa, mengatakan kegiatan ini sangat bermakna karena etnis yang berbeda melebur menjadi satu. Lewa yang leluhurnya berasal dari Sulawesi ini berharap ke depan kegiatan ini terus berkesinambungan, dan bisa mencari formulasi dalam bentuk lain. Bisa diskusi lintas etnis, dan tetap mempertahankan pesta rakyat seperti ini.

Baca Juga  Fasilitasi Penghoby, Polres Badung Gelar Lomba Mancing

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan, ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk dilaksanakan lebih baik lagi meskipun mungkin masih ada hal-hal yang belum sempurna. ‘’Melihat animo masyarakat yang luar biasa, maka pesta rakyat ini harus diprogramkan kembali. Dan saya sendiri menilai kegiatan ini sukses dan yang terpenting memiliki esensi yang lebih mulia, yakni bersatu dalam keberagaman,’’ ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan, Agus Heryanto mengaku sangat apresiatif dengan Pesta Rakyat yang dinilai sukses ini. Ia menyatakan akan terus mencari masukan dari semua elemen masyarakat terkait langkah selanjutnya yang juga melibatkan semua etnis di Samawa ini. ‘’Kita harus mengevaluasi dan mencari bentuk lain. Semuanya tergantung teman-teman panitia dan semua ketua etnis. Sebab dengan keberagaman ini semua kegiatan bisa sukses bila dilaksanakan secara bersama-sama, satu visi, satu tekad dan satu tujuan, bersama dalam membangun Samawa hebat dan bermartabat,’’ pungkasnya. (JEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb