Dua Sungai Meluap, Ratusan Petani di Tiga Desa Terjebak

oleh -8 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/01/2018)

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Plampang, Sabtu (20/1) kemarin, menyebabkan dua sungai di Plampang dan Prode meluap. Luapan ini menyebabkan dua jembatan yakni Jembatan Orong Sejamu dan Jembatan Maresgama tertutup air bah sehingga ratusan petani di tiga desa terjebak dan tidak bisa menyeberang untuk pulang ke rumah. Menghindari adanya korban jiwa, Kapolsek Plampang, IPTU Sarjan bersama anggota serta bersama masyarakat Desa Usar terjun langsung membantu warga yang pulang habis menanam padi terutama para wanita untuk menyeberang sungai.

Ketua kelompok P3A Orong Sejamu dan Orong Mares Gama, Encong yang ditemui di TKP menyebutkan bahwa kejadian serupa setiap tahun terjadi. Ini karena keberadaan jembatan penyeberangan terlalu rendah. Karena itu ia berharap jembatan bisa dirombak dan ditinggikan. “Jembatan ini satu-satunya yang digunakan warga untuk penyeberangan. Tidak ada jalan alternative,” katanya.

Selama ini diakui Encong, belum pernah ada korban hanyut di sungai ketika air bah datang. Ketika banjir dan menutupi jembatan, warga bersabar menunggu meski sampai pukul 22.00—23.00 (jam 10 dan 11 malam). Arus sungainya cukup deras karena tepat di jembatan ini pusat pertemuan dua sungai. “Sekali lagi kami berharap pemerintah melalui dinas terkait dapat memperhatikan nasib kami. Kami ingin masalah yang berlangsung setiap tahun ini segera berakhir dengan adanya jembatan atau jalan alternative yang representatif,” pintanya.

Baca Juga  Jaksa 'Berguru' ke Kemendiknas dan Kemenkeu

Kapolsek Plampang, IPTU Sarjan yang ditemui saat mengecek kondisi sungai di Desa Brang Kolong menyatakan akan selalu siap siaga ketika hujan lebat mengguyur wilayah setempat. Pihaknya tetap melakukan patroli keliling ke setiap desa rawan bencana yakni Desa Usar, Desa Sepayung, Brang Kolong dan Desa Simu. “Tadi kami baru saja mengevakuasi ratusan petani yang terjebak banjir di Jembatan Sejamu Dedsa Usar. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujarnya. (BUR/SR)

 

 

dukacita dukacita bankntb