PWI-Kejaksaan Kerahkan Ratusan Orang Bersihkan Pantai Saliperate

oleh -9 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/01/2018)

Sepanjang Pantai Saliperate—Jembatan Polak (Jempol) Kabupaten Sumbawa, mendadak bersih. Pasalnya di salah satu obyek wisata ini, ratusan orang melakukan gotong royong bersih-bersih pantai, Jumat (19/1) pagi. Kegiatan yang diawali dengan Senam Sehat dalam rangka HUT Kabupaten Sumbawa ke-59 ini digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbawa bekerjasama Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa yang didukung Pemda Sumbawa dan Pemerintah Camat Badas. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekda Drs H. Rasyidi, Kajari Paryono SH, Kapolres Sumbawa AKBP Yusuf Sutejo SIK MT, Ketua DPRD Sumbawa Lalu Budi Suryata SP, Wakil Ketua DPRD Kamaluddin ST M.Si, Ketua PWI Sumbawa Jamhur Husain B.Sc, Kepala OPD dan perwakilan ASN dari berbagai instansi.

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Pers dan Adhyaksa Peduli Sesama Menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat” ini, para peserta terlihat sangat antusias. Hanya dalam waktu singkat, sampah yang berserakan berasal dari pengunjung maupun hempasan gelombang ini habis dipungut yang kemudian ditempatkan pada wadah ratusan bungkus plastik yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk diangkut langsung menggunakan truk sampah. Selain itu PWI dan Kejaksaan menyerahkan bantuan 10 tong sampah kepada Camat Badas, untuk ditempatkan di obyek wisata tersebut agar sampah yang dihasilkan para pengunjung tidak dibuang sembarangan.

Baca Juga  Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020

Ketua Panitia Kegiatan, Erwin Indrapraja SH MH didampingi Korlap Aksi, Feddy Hantyo Nugroho SH dan Anak Agung Raka DP SH mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk konstribusi PWI dan Kejaksaan dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa. Pihaknya ingin berpartisipasi untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. Seperti bersih-bersih pantai dengan lokasi di sepanjang Pantai Saliperate—Pantai Jempol. Lokasi ini sudah menjadi destinasi pilihan masyarakat untuk rekreasi, di samping sebagai titik singgah peserta Sail Indonesia dari berbagai nusantara dan negara. Dengan kondisi yang bersih, tempat itu menjadi nyaman untuk dikunjungi dan dinikmati. Karena itu perlu pelibatan semua pihak termasuk masyarakat pesisir untuk mewujudkan pantai yang bebas sampah. Sebagai diakui Erwin, selama ini sampah di daerah pantai masih menjadi masalah utama bagi perkembangan wisata. Kegiatan bersih pantai ini menjadi solusi yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman warga dan wisatawan terhadap pentingnya kebersihan pantai. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian warga terhadap beberapa jenis pencemaran di sekitar pantai. Untuk itu perlunya keberlanjutan program ini serta adanya penambahan fasilitas kebersihan di lokasi pantai, mengingat tong sampah yang diberikan PWI dan Kejaksaan masih belum mencukupi. “Semoga konstribusi kecil yang kami persembahkan ini membawa manfaat yang besar bagi masyarakat dan daerah,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb