Program Keren PWI-Kejaksaan, Sebar 30.000 Bibit Ikan dan Tanam Ratusan Pohon

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/01/2018)

Setelah melibatkan ratusan orang untuk bergotong-royong membersihkan pesisir pantai Saliperate—Jembatan Polak (Jempol), program keren lainnya yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbawa bekerjasama Kejaksaan Negeri Sumbawa adalah melepas 30 ribu bibit ikan dan penanaman 350 pohon untuk penghijauan sekaligus penyuluhan hukum terkait ilegal logging. Untuk melaksanakan kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-59 ini, PWI-Kejaksaan menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa dan KPH Batu Lanteh dengan pusat lokasi di Bendungan Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu. Selain itu melibatkan masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekda Drs H. Rasyidi, Kajari Paryono SH, Kapolres Sumbawa yang diwakili Kabag Ops, Ketua DPRD Sumbawa Lalu Budi Suryata SP, Wakil Ketua DPRD Kamaluddin ST M.Si, Kepala Dislutkan Ir Dirmawan, Kepala Dispopar Ir. H. Junaidi M.Si, Ketua PWI Sumbawa Jamhur Husain B.Sc, Camat Moyo Hulu Mulyadi S.Sos, kepala desa dan perwakilan ASN dari berbagai instansi.

Penyuluhan Hukum

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran kejaksaan dan pers di Kabupaten Sumbawa yang menggagas kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. Salah satunya kegiatan penanaman pohon di sekitar Bendungan Batu Bulan. Mengingat, saat musim kering mata air mulai berkurang, sebaliknya di musim hujan Sumbawa kebanjiran. Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya pohon di hutan akibat ilegal loging.

Baca Juga  Suami Ditinggal di Kost, Istri ‘Cari Nafkah’ di Hotel

Wabup mengimbau, kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk ikut berpartisipasi sekaligus menjaga hutan agar tetap lestari demi anak cucu di masa mendatang. Demikian dengan pelepasan bibit ikan, yang secara tidak langsung mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekitar yang selama ini menerima manfaat dari keberadaan bendungan dengan cara menangkap ikan yang kemudian dipasarkan. Di samping itu sebagai daya tarik wisatawan yang hobby memancing untuk mendatangi lokasi tersebut. “Kami minta dinas terkait dapat mengembangkan potensi dari bendungan ini baik sebagai tempat untuk mendukung perekonomian masyarakat maupun pariwisata,” harapnya.

Wabup juga meminta instansi lainnya untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa. Apa yang dilakukan oleh PWI dan Kejari Sumbawa ini diharapkan bisa menjadi contoh. PWI juga diminta bisa bekerjasama dengan instansi lain guna melaksanakan kegiatan serupa yang lebih luas dan beragam. “Kalau ada kolaborasi seperti ini, insya Allah Sumbawa Hebat dan Bermartabat akan terwujud,” cetusnya.

Kajari Sumbawa, Paryono SH mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-59. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Pers dan Adhyaksa Peduli Sesama Menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat”. Sesuai dengan tema itu, Kejari bersama PWI Sumbawa melaksanakan kegiatan pembersihan pantai, penanaman pohon, pelepasan benih ikan di Bendungan Batu Bulan dan Penyuluhan Hukum.

Baca Juga  NTB Peroleh SK Perhutanan Sosial 14.800 Ha, Gubernur : Manfaatkanlah Hutan dengan Bijak

Terkait kegiatan penanaman pohon, harus disadari keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan. Apabila terjadi kerusakan hutan, maka akan berdampak pada perubahan iklim. Sehingga kegiatan penanaman pohon ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan. Menjadi kewajiban bersama juga untuk melestarikan dan memberikan pemahaman kepada semua pihak terkait bahayanya ilegal loging. “Saya harapkan kegiatan ini dapat ditularkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Dan meminimalisir risiko terjadinya bencana alam,” terangnya.

Sementara Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain B.Sc mengaku kegiatan kolaborasi PWI dan Kejaksaan adalah pertama kali dilakukan dan diharapkan dapat berkesinambungan. PWI Sumbawa juga siap bekerjasama dengan instansi lain untuk melaksanakan kegiatan serupa. “Demi kemajuan daerah kami akan terus berkonstribusi dan siap berkolaborasi dengan siapa saja,” tandasnya.

Menutup rangkaian kegiatan PWI—Kejaksaan, digelar Penyuluhan Hukum. Kegiatan yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Moyo Hulu ini dilaksanakan di kantor Bendungan Batu Bulan. Materi yang disampaikan terkait kasus Ilegal Loging. Dalam kegiatan itu, bertindak selaku pemateri adalah Kasi Intel Kejari Sumbawa, Erwin Indrapraja SH MH, Kasi Pidsus Anak Agung Raka PD SH, Kasi Pidum, Feddy Hantyo Nugroho SH, dan Kasi Datun, Jeffry Lokopessy SH. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb