13 Etnis di Sumbawa Gelar Pentas Seni dan Masakan Kuliner

oleh -47 views
Pesta rakyat lintas etnis di Kabupaten Sumbawa Tahun 2017 lalu

SUMBAWA BESAR, SR (19/01/2018)

Sebanyak 13 perwakilan etnis di Kabupaten Sumbawa akan menggelar pentas seni dan masakan khas kuliner lintas etnis. Kegiatan yang akan berlangsung 22 Januari 2018 di Taman Mangga ini dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sumbawa ke-59. Even yang dikemas dalam pesta rakyat dan digagas oleh Purna KNPI dan DPD KNPI Sumbawa ini merupakan yang kedua kalinya. Untuk tahun ini, pesta rakyat diikuti sebanyak 13 etnis. Di antaranya Sasak, Arab, Tionghoa, Mbojo, Flobamora (NTT), Madura, Jawa, Bali, Batak, Sunda, Bugis-Makassar, Minang dan Samawa.

Ketua Panitia Kegiatan, Agus Heryanto kepada SAMAWAREA mengatakan, kegiatan ini pertama kali digagas tahun 2017 lalu. Pada tahun 2018 ini kembali digelar dan konsepnya tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya, meski pada tahun ini pesertanya lebih banyak. Setiap perwakilan etnis disediakan stand untuk memamerkan seluruh produk kuliner khasnya. “Saya yang didaulat menjadi ketua panitia untuk kedua kalinya ini merasa terapresiasi oleh dukungan panitia lainnya. Terlebih dari perwakilan lintas etnis yang memberikan respon positif untuk terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya seraya berharap ke depan kegiatan serupa dapat dilaksanakan oleh pihak manapun.

Ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa (IKLS), Lalu Budi Suryata SP mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi apapun nama kegiatannya. Apalagi yang digelar nanti adalah pentas seni dan masakan kuliner masing-masing etnis yang ada di Kabupaten Sumbawa ini. “Siapapun dan dari suku manapun yang berdomisili di Sumbawa ini adalah putra daerah Samawa. Karena itu mari kita berkiprah dalam  memajukan daerah ini secara bersama-sama dalam bentuk menggelar berbagai kegiatan. Termasuk menjajakan masakan khas kuliner dan pentas seni ini. Ini kegiatan sangat positif dan hendaknya terus diadakan,’’ saran Budi yang juga Ketua DPRD Sumbawa ini.

Baca Juga  Inilah 50 Penerima Beasiswa Platinum PTNNT

Budi berharap untuk lebih menjalin hubungan dan keakraban, hendaknya bisa diagendakan kegiatan yang hampir serupa setiap tahun selain pesta rakyat, yakni dialog lintas etnis yang intinya bagaimana semua etnis ini bersama-sama berfikir, dalam berkiprah dalam memajukan daerah ini.

Sementara Ricky Pengurus Ikatan Keluarga Tionghoa Sumbawa menilai kegiatan seperti ini (pesta rakyat lintas etnis) sangat positif sebagai gambaran perwujudan kebersamaan etnis yang ada di daerah ini. Dengan kebersamaan tersebut akan semakin kental ikatan persaudaraan. Dengan kebersamaan ini juga memberikan harapan bahwa semua etnis di Tana Samawa untuk bersama-sama menjaga kondusifitas daerah ini.

Hal senada juga dikatakan Tytus Moy, Ketua Ikatan Flobamora-NTT Samawa. Ia sebagai keturunan  luar Sumbawa merasa nyaman berada di Samawa. Sebagai warga yang sudah lama mendiami daerah ini merasa perlu untuk melakukan kegiatan positif dalam memajukan daerah. “Ini wujud rasa persaudaraan yang tinggi,” imbuhnya.

Meski warga Sumbawa terdiri dari beragam etnis dan agama timpal Ketua Kerukunan Batak, Henry Sitorus, yang harus dikedepankan adalah kebersamaan dan sevisi dalam menjaga kondusifitas dan memajukan daerah Samawa. Tentu keberagaman ini hendaknya dilihat sebagai energi positif dalam mendukung program pemerintah dan bersama-sama menjunjung tinggi nilai adat istiadat. Kendati secara kuantitas jumlah etnis Batak tidak sebanyak etnis-etnis lain, namun diyakininya bisa bersama-sama memberikan peran yang tidak kecil dalam memajukan daerah ini.

Baca Juga  PAN KSB Siap Pertahankan Palu Pimpinan Dewan

Sementara Sekretaris Ikatakan Keluarga Mbojo, Amiruddin Bryan berharap kegiatan pentas seni dan masakan khas ini menjadi program tahunan. Artinya untuk tahun-tahun berikutnya bisa digelar dan dikemas dalam bentuk lain. Namun esensi terpentingnya tetap melibatkan semua etnis di daerah ini. ‘’Ini kegiatan yang sangat berarti dalam bingkai kebersamaan antar etnis. Artinya pemaknaannya, semua etnis yang ada di daerah ini sama-sama berkiprah membangumn daerah sehingga lebih hebat dan bermartabat,’’ pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb