Tiga Hari Lagi, Kejaksaan dan PWI Gelar Kegiatan Akbar

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/01/2018)

Tinggal tiga hari lagi, Kejaksaan Negeri Sumbawa bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa, menggelar kegiatan akbar. Kegiatan sehari yang cukup padat ini yang digelar, Jumat 19 Januari 2018 ini melibatkan ratusan PNS dan dihadiri Bupati Sumbawa, Forkopimda, dan para pejabat. Kegiatan bertajuk “Pers—Adhiyaksa Peduli Sesama Menuju Sumbawa Hebat dan Bermartabat” ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-59.

Ada lima kegiatan digelar. Yaitu Senam Bersama yang dilanjutkan dengan Pembersihan Pantai. Dua kegiatan ini dipusatkan di sepanjang pantai Saliperate menggandeng Camat Badas dan masyarakat di Desa Labuhan Sumbawa. Kemudian pelepasan benih ikan di Bendungan Batu Bulan, penanaman pohon serta penyuluhan hukum di Kecamatan Moyo Hulu bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat.

Ketua Panitia Kegiatan, Erwin Indrapraja SH MH didampingi Sekretaris Zainuddin Jen mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk konstribusi PWI dan Kejaksaan dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa. Pihaknya ingin berpartisipasi untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. Seperti bersih-bersih pantai dengan lokasi di sepanjang Pantai Saliperate—Pantai Jempol. Lokasi ini sudah menjadi destinasi pilihan masyarakat untuk rekreasi, di samping sebagai titik singgah peserta Sail Indonesia dari berbagai nusantara dan negara. Dengan kondisi yang bersih, tempat itu menjadi nyaman untuk dikunjungi dan dinikmati. Demikian dengan penanaman pohon dan penyuluhan hukum di Moyo Hulu, untuk memberikan kesadaran dan pemahaman masyarakat agar selalu menjaga lingkungan dan melestarikan hutan. Sebab jika hutan dibabat maka bencana akan didapat. Sebaliknya jika hutan dijaga manfaat akan didapat. “Kami ingin masyarakat di sana sadar hukum dengan tidak melakukan penebangan liar, tidak membabat hutan untuk menanam jagung, dan diharapkan dapat mencintai lingkungan. Sebab dari data kasus yang ada, pelaku ilegal logging di wilayah itu cukup tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga  Curi Motor Turis, 4 Pelaku Ditangkap Saat Tambal Ban

Guna suksesnya kegiatan ini, lanjut Erwin, pihaknya telah melakukan persiapan. Berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Di antaranya Camat Badas dan Camat Moyo Hulu sebagai ‘penguasa’ wilayah, Dinas Kelautan dan Perikanan, KPH Batu Lanteh dan Bagian Humas Protokol Setda Sumbawa.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc yang ditemui panitia belum lama ini menyambut positif kegiatan bermanfaat tersebut. Ia merasa senang dan ingin ikut bergabung. “Kegiatan seperti ini yang saya cari, saya senang dan ini patut didukung. Semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi yang lain, karena sangat bermanfaat,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain B.Sc mengaku kolaborasi pers dan kejaksaan dalam menggelar kegiatan ini adalah yang pertamakali dilaksanakan. Ia berharap kerjasama ini terus berkesinambungan dengan semangat kemitraan dan bermanfaat bagi sesama. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb