Identifikasi Pelanggar Lalulintas, Polisi Pasang CCTV

oleh -45 views
Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Nasrul, S.Kom SIK

SUMBAWA BESAR, SR (16/01/2018)

Para pelanggar lalulintas sulit untuk bersembunyi lagi. Mereka akan teridentifikasi jika melakukan pelanggaran terutama menerobos lampu merah (traffic light). Termasuk tidak menggunakan helm dan lainnya. Pasalnya, Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Sumbawa akan memasang kamera pemantau (CCTV) di beberapa titik yang diduga rawan pelanggaran.

Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Nasrul, S.Kom SIK yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/1) mengakui rencana tersebut. Rencana ini akan direalisasi sebagai bentuk melaksanakan perintah agar semua Satlantas dapat berinovasi baik berbentuk manual maupun digital. Karena itu pihaknya memilih cara digital dengan memasang kamera pemantau. Untuk langkah awal, kamera pemantau ini akan dipasang di dua titik yakni di Simpangan Lawang Gali Kelurahan Brang Bara dan Simpangan Kerangka Baja Kelurahan Bugis. Dua titik ini dipilih karena dinilai rawan pelanggaran lalulintas. Uniknya lagi kamera ini dilengkapi pengeras suara. Ketika ada pelanggaran terekam kamera petugas bisa langsung menegurnya melalui pengeras suara tersebut. “Rekaman kamera ini dapat dipantau langsung dari kantor, jadi bisa dilihat langsung dari jarak jauh dan juga ditegur langsung dari jarah jauh,” imbuhnya.

Upaya ini dilakukan ungkap Nasrul—sapaan Kasatlantas, untuk menekan angka pelanggaran. Sebab pelanggaran merupakan embrio terjadinya kecelakaan lalulintas. Pihaknya ingin menjadikan Kota Sumbawa menjadi kota yang tertib lalulintas. Ke depan di semua simpangan akan dipasangi kamera pemantau. Ini akan dibicarakan dengan Forum Lalulintas dan Angkutan Jalan. Pihaknya juga lanjut Nasrul, akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk pemasangan rambu-rambu di daerah rawan. Demikian dengan Dinas PU terkait infrastruktur jalan, sebab kecelakaan bukan hanya karena melanggar rambu-rambu dan kelalaian tapi juga kondisi jalan. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gedung Golkar Sumbawa Bakal Dipasang Policeline