Harga Cabai di Pasar Taliwang Kian Pedas

oleh -40 views

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PERTANIAN PETERNAKAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (16/01/2018)

Harga komoditas pangan di Pasar Tana Mira Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai merangkak naik. Kenaikan terbesar terlihat pada harga cabai merah yang kian pedas. Sebelumnya hanya Rp 15 ribu per kilogram kini telah mencapai Rp 50 ribu/kg.

Kondisi ini diakui Ibu Ainun—salah seorang pedagang di Pasar setempat. Kepada SAMAWAREA, Selasa (16/1), mengatakan kenaikan harga cabai merah ini sudah biasa ketika memasuki musim penghujan. Harga Rp 50 ribu per Kg dinilai Ainun masih terbilang murah karena biasanya hingga mencapai Rp 200 ribu/Kg. Kemungkinan harga cabai akan terus naik sampai musim hujan berakhir. Selain harganya melonjak, Ainun mengakui cabai merah sudah mulai langka. Biasanya dia mendapat pasokan cabai 100 kilogram per hari kini hanya 30 kilogram.

Hairiah—petani Cabai asal Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa yang ditemui terpisah, mengaku sering memasok cab eke Pasar Tana Mira Taliwang karena setiap kali panen bisa mencapai ratusan kilogram. Namun saat ini agak menurun karena cabai banyak yang rusak. Sebagian besar cabai hasil panennya menghitam akibat suhu dingin dan terus menerus diguyur hujan. “Biasanya dengan lahan hampir setengah hektar ini saya bisa panen ratusan kilo, tapi saat ini paling bisa puluhan kilo saja. Kami sudah gunakan berbagai macam obat tapi tidak ada pengaruh yang signifikan,” ujarnya.

Baca Juga  Peminat Bantuan Bariri Ternak Membludak

Sementara Disa ibu rumah tangga warga Taliwang mengeluhkan tingginya harga cabai. Setiap ke pasar dia bisa membeli berbagai kebutuhan pokok dengan uang Rp 50 ribu. Tapi kali ini, uang sebesar itu hanya bisa membeli cabai. “Dulu beli cabai hanya 10 ribu bisa sampai seminggu, sekarang hanya sehari,” akunya.

Bukan hanya cabai, tomat, telur dan daging ayam juga naik. Tomat yang sebelumnya Rp 5 ribu perkilo naik menjadi Rp 13 ribu per kilo. Telur Rp 33 ribu per papan kini Rp 45 ribu. Demikian daging ayam sudah mencapai Rp 45 ribu perkilo. Sebagian besar kebutuhan ini dipasok dari luar. Tidak heran jika harganya lumayan tinggi. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb