SMAN 1 Plampang Terancam Gagal Gelar UNBK

oleh -9 views
Siswa SMAN 1 Plampang tengah berlatih persiapan UNBK

SUMBAWA BESAR, SR (14/01/2018)

SMA Negeri 1 Plampang terancam gagal melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pasalnya fasilitas dalam mendukung ujian nasional tersebut belum lengkap. Padahal semua siswa yang tercatat sebagai peserta ujian nasional ini sudah berlatih keras. Hal ini diakui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikurum, Sophan Syahbasa S.Pd kepada SAMAWAREA, Sabtu (13/1) kemarin.

Salah satu fasilitas pendukung UNBK yang harus dilengkapi adalah computer. Jumlah perangkat computer yang dibutuhkan sekolah tersebut ungkap Sophan, mencapai 78 unit untuk melayani 232 peserta UNBK. Komputer yang tersedia saat ini dari pengadaan pihak sekolah hanya 8 unit, rencananya akan ditambah melalui Biaya Penyelenggara Pendidikan (BPP) sekitar 10—15 unit. Ada juga siswa-siswi secara inisiatif membeli laptop. “Kalau masih belum lengkap bisa-bisa sekolah kami gagal melaksanakan UNBK,” ujar Sophan.

Tokoh Pemuda Kecamatan Plampang Handika Pratama mengaku prihatin dengan keadaan yang dihadapi sekolah kebanggaan masyarakat setempat. Ia menyesalkan kebijakan pemerintah yang mewajibkan SMAN 1 Plampang untuk melaksanakan UNBK tapi tidak dibarengi dengan dukungan sarana prasarana seperti kelengkapan Laboratorium Komputer. “Kami atas nama masyarakat terutama orang tua murid meminta wakil rakyat baik di kabupaten maupun propinsi untuk memberikan perhatiannya terhadap dunia pendidikan. Salah satunya membantu SMAN 1 Plampang untuk pengadaan computer,” pintanya.

Pemerintah juga seharusnya berlaku adil dengan tidak hanya lebih mengedepankan sekolah yang ada di kota daripada di kecamatan. Sebab dengan tidak dilaksanakannya UNBK secara tidak langsung SMAN 1 Plampang tertinggal dari sekolah-sekolah lainnya. (BUR/SR)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Soal UN SMA/MA/SMK Tiba Hari Ini