Validasi Data Kemiskinan Penting untuk Keberhasilan Program

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (12/01/2018)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi verifikasi dan validasi data sangat dibutuhkan dalam menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah kemiskinan sekaligus mengukur keberhasilan dari berbagai program yang telah dijalankan. Terkait hal tersebut Sekda saat membuka kegiatan Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan Basis Data Terpadu Tahun 2017 yang digelar Dinas Sosial Sumbawa, Kamis (11/1) kemarin, menyampaikan bahwa diperlukan ketelitian kepala desa dan lurah untuk melibatkan semua unsur, mulai dari RT, RW, Kepala Dusun, untuk mendata masyarakat yang tergolong benar-benar miskin, sehingga pagu dana yang turun dari pusat sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Sekda berharap kepada seluruh kepala desa agar dapat memberdayakan masyarakat lokal dalam melaksanakan program pembangunan fisik desa secara swadaya atau swakelola sebagai salah satu upaya agar penduduk desa yang minim penghasilan dapat memperoleh penghasilan tambahan. Selain itu, Sekda juga berharap agar pengerjaan berbagai proyek pembangunan desa yang bersumber dari DD (Dana Desa) dan juga ADD (Alokasi Dana Desa) tidak lagi dikontrakkan atau diberikan kepada pekerja dari daerah tertentu, melainkan dikerjakan secara swadaya/swakelola untuk memberdayakan masyarakat lokal.

Sekda menghimbau kepada semua aparat terkait untuk segera memulai semua yang menjadi tugas dan tanggung jawab agar bantuan pangan non tunai dari Kementerian Sosial dapat segera direalisasikan. Pada Tahun 2018 terdapat perubahan bentuk bantuan yang semula beras menjadi bantuan pangan tunai yang dapat diambil melalui Kartu Konggo. “Semua pekerjaan yang kita kerjakan harus dilakukan dengan berlari, jangan berjalan,” pesan Sekda.

Baca Juga  Bunda Niken: Senam Jantung Sehat untuk Jaga Imun Tubuh

Hadir mendampingi Sekda dalam acara tersebut adalah Kadis Sosial Tri Karyati S.Sos, Kepala Bappeda H. Ir. Iskandar M.Ec. Dev dan Kadis Dukcapil Ir. H. Zulkifli. (JEN/SR)

 

dukacita dukacita bankntb