Jelang Pilkada, Kapolda NTB Safari Kamtibmas di Sumbawa

oleh -2 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/12/2017)

Kapolda NTB Brigjen, Pol. Drs. Firli M.Si melakukan safari Kamtibmas di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dilaksanakan Senin (19/12) pagi ini dalam rangka Pilkada serentak di NTB 2018 mendatang. Kapolda ingin memastikan kondisi keamanan di Kabupaten Sumbawa jelang Pilkada dalam keadaan kondusif.

Di hadapan Bupati Sumbawa, Anggota Forkopimda, toma, toga, ketua partai politik, tokoh pemuda dan sejumlah elemen masyarakat lainnya di Aula Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Kapolda memaparkan seputar kondisi keamanan di Provinsi NTB yang cukup membaik. Sebelumnya terjadi konflik bai kantar kelompok maupun antar desa di beberapa daerah wilayah NTB, sehingga NTB dinyatakan masuk zona merah. Kini Tahun 2017 sudah kondusif, konflik jarang terjadi dan NTB telah dinyatakan keluar dari zona merah. Ini terjadi karena diterapkan berbagai strategi pendekatan dan penanganan konflik yaitu pendekatan pencegahan, pendekatan kemanusiaan, pendekatan kesejahteraan dan alternative terakhir adalah pendekatan penegak hukum. Karena itu dengan kondisi kondusif saat iin, Kapolda Firli berharap dapat terus terjaga. Jiwa toleransi, tolong menolong, dan gotong royong tanpa melihat sekat suku, ras dan agama, harus terpupuk dan tetap terjalin mesra. Jika demikian, NTB khususnya Kabupaten Sumbawa tetap menjadi daerah yang aman, dan tentram.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di NTB yang tahapannya sudah mulai dilakukan KPU selaku penyelenggara pemilu, Kapolda mengajak semua pihak untuk bersama membangun kemitraan dan sinergisitas terutama dengan elemen terkait seperti Pemda, Polri, TNI, Linmas, toga, toma dan yang lainnya sedini mungkin untuk meminimalisir terjadinya konflik. Tanpa konflik yang menjadi indicator suksesnya Pilkada serentak 2018.

Baca Juga  Gubernur Boyong Petinggi Perguruan Tinggi di NTB ke Polandia

Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari sepuluh kabupaten/kota di provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa memiliki wilayah yang terluas (45,52% dari luas provinsi NTB). Luas daratannya mencapai 6.643,98 km2 dan perairan laut 4.912,46 km2, dengan panjang garis pantai mencapai 982,65 km. Secara administratif Kabupaten Sumbawa terbagi dalam 24 kecamatan, 157 desa dan 8 kelurahan. Meski beragam dari segi agama, suku atau etnis, sampai saat ini tetap hidup berdampingan secara damai dan harmonis dalam semangat kebersamaan dan saling menghargai, dalam payung Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kondisi ini tidak terlepas dari andil para pemuka masyarakat maupun tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). “Dalam hal kondusifitas daerah, hasil evaluasi Kamtibmas Provinsi NTB, wilayah kabupaten Sumbawa tergolong kondusif. Pada peringatan HUT NTB ke-59, Kabupaten Sumbawa meraih predikat terbaik dalam hal penyelenggaraan pemerintahan daerah, yaitu prestasi kinerja tertinggi pratama, di samping beberapa prestasi lainnya,” pungkasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb