Gubernur TGB Resmikan 200 Rumah Layak Huni Bantuan Bazda

oleh -6 views

MATARAM, SR (14/12/2017)

Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi meresmikan 200 Unit Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Jamban Keluarga bagi masyarakat kurang mampu di Desa Sasele, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (13/12). Saat itu Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrabnya mengajak masyarakat untuk memperbanyak syukur atas nikmat Allah SWT. Salah satunya terpenuhinya kebutuhan rumah layak huni yang dapat ditempati, baik untuk tempat tinggal maupun beribadah. Menurut Gubernur TGB, manusia seringkali lupa bersyukur atas nikmat kesehatan, keamanan dan rezeki yang Allah karuniakan kepada manusia. Padahal, salah satu pesan Rasulullah dalam sebuah hadits menyampaikan bahwa ketika manusia bersyukur atas nikmat ini, sama halnya dengan dia memperoleh semua nikmat yang Allah karuniakan di dunia ini. “Itu sebabnya pada tahun ini kita merayakan HUT NTB dengan judul NTB Bertasyakur. Kalau kita bersyukur, artinya kita mengirim gelombang positif kepada semua yang ada di sekitar kita. Tidak hanya di bumi, tapi tembus sampai ke langit,” tegas Gubernur TGB.

Lebih lenjut, TGB menguraikan bahwa terpenuhinya rumah layak huni akan memberikan pengaruh baik bagi kehidupan sosial di tengah masyarakat. Hubungan-hubungan baik antar sesama akan terjalin yang pada saatnya akan saling memberikan kemanfaatan. “Kalau kita bersikap penuh syukur, maka Allah SWT akan menambah nikmat itu,” ungkap Gubernur dua periode tersebut.

Baca Juga  Jalan Kuta-Awang Putus, Gubernur dan Wagub Perintahkan Dinas PUPR Turun Tangan

Karena itu, menjadi PR bagi siapapun yang akan menjadi pemimpin di daerah ini adalah membenahi rumah tidak layak huni yang jumlahnya puluhan ribu di NTB ini. Menuntaskan masalah dengan menghimpun semua potensi yang ada, baik materi maupun non materi, uang maupun program perencanaan dan nilai-nilai baik yang berkembang di masyarakat. “Siapapun yang menjadi pemimpin NTB di masa mendatang perlu memberikan porsi besar serta memprioritaskan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti memenuhi kebutuhan rumah layak huni,” ujar TGB.

Selain itu, TGB juga menekankan bahwa seluruh potensi di masyarakat harus dihimpun dan dilibatkan. “Alhamdulillah, pada kesempatan ini salah satu potensi yang dapat kita himpun adalah potensi zakat. Yang dihimpun dari masyarakat muslim NTB dan dikembalikan kepada saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya.

Ketua Bazna NTB, melaporkan bahwa sekitar 200 kepala keluarga yang memiliki rumah tidak layak huni mendapat bantuan. Bantuan masing masing senilai Rp 15 juta tersebut dipergunakan untuk merehabilitasi rumah dan jamban “Kriteria yang mendapatkan bantuan ini adalah mereka harus Mustahik atau orang yang berhak menerima zakat,” ungkapnya. (JER/SR)

dukacita dukacita bankntb