Gelontorkan Dana Desa Jadikan Labangka Destinasi Wisata

oleh -43 views
Kades Jayamakmur, M Tayeb dan Komunitas Pecinta Alam Plampang (PETANG)

SUMBAWA BESAR, SR (14/12/2017)

Panorama alam yang dimiliki Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa sungguh luar biasa. Selain pegunungannya, pantainya pun sangat indah. Salah satunya Pantai Jemplung yang berada di Desa Jaya Makmur Labangka 5. Meski belum ditetapkan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa, namun pantai tersebut sudah ramai dikunjungi baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan berlalu, masyarakat dan pemerintah desa harus mengambil manfaat terutama dari segi ekonomi.

Kades Jaya Makmur, Muhammad Tayeb yang ditemui SAMAWAREA, Rabu (13/12) kemarin, bertekad merubah keadaan Labangka dari daerah penghijauan menjadi daerah tujuan wisata. Untuk mendukung ambisi tersebut, pihaknya akan mengalokasikan dana desa untuk membangun akses jalan menuju pantai. Selain itu mulai Januari 2018 semua pagar pekarangan masyarakat diseragamkan baik bentuk maupun warnanya, semua ditata sama. Upaya lainnya, membentuk Kelompok Sadar Wisata. Menariknya lagi pemerintah desa akan mendanai pendidikan Bahasa Inggris untuk murid sekolah dasar di wilayah setempat. Hal ini mengingat sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Labangka 5 terutama Pantai Jemplung adalah turis asing dari berbagai negara. Masyarakat juga diharapkan dapat menjaga keamanan dan kenyamanan para tamu agar mereka tenang dan betah berada di Labangka. Sebab pihaknya berencana mengusulkan wisata Labangka menjadi salah satu event dalam Festival Pesona Moyo 2018. “Masyarakat harus dipersiapkan jika kita benar-benar serius untuk mengembangkan pariwisata. Sebab ini juga untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Husni-Mo Klaim 2 Tahun Jalan Mantap 100 Persen, Haji Saat: Mustahil

Untuk diketahui, Pantai Jemplung sangat mudah diakses. Jalan mulai dari Kota Kecamatan Plampang menuju Labangka, mulus meski ada beberapa titik yang berlubang dan sedang ditangani. Di desa juga sudah dibangun tempat penginapan sehingga wisatawan tidak lagi repot mencari tempat beristirahat jika ingin berlama-lama. “Kami sudah siap menjadikan Labangka destinasi wisata, dan kami siap menyambut wisatawan,” pungkasnya. (BUR/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb