Perlu Proses Menjadi Hebat dan Bermartabat

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (09/12/2017)

Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, BSc mengingatkan bahwa untuk menjadi hebat dan bermartabat memerlukan proses. Karena itu Bupati meminta kepada para kepala perangkat daerah agar mampu menjabarkan kebijakan pimpinan menjadi program yang riil, yang didukung oleh data akurat. Hal itu disampaikan bupati di ruang rapat kantor bupati, Kamis (7/12), ketika memberikan pengarahan kepada para pimpinan perangkat daerah bidang ekonomi yang akan mengikuti pameran produk unggulan daerah di Jakarta pertengahan Desember ini.

Dicontohkan, potensi bidang pertanian dan peternakan yang diimplementasikan pada program GEMAJIPI (Gerakan Masyarakat Agribisnis Integrasi Jagung dan Sapi) sesungguhnya sangat besar dibandingkan daerah lain yang telah berhasil mengembangkan sektor pertanian maupun peternakan. Namun demikian sampai saat ini data riil untuk program tersebut belum tersaji dengan baik. Karena itu bupati meminta kepada Kadis Pertanian beserta jajarannya agar dapat menyajikan data realistis untuk mengejar target satu juta ton produksi jagung pada tahun 2018 mendatang. Termasuk data data peternakan Sumbawa yang selama ini telah memberikan kontribusi besar bagi program pengembangan peternakan nasional. Selain itu setiap program yang dicanangkan harus memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi masyarakat Sumbawa. Misalnya, pada sektor industri pariwisata dapat dikembangkan tenun daerah yang diproduksi oleh masyarakat Sumbawa sendiri. “Jangan hanya mengangkat motif Sumbawa tetapi diproduksi di luar Sumbawa,” ujar Bupati mengingatkan.

Baca Juga  FBK Anggap Mustahil Kemiskinan di Sumbawa Turun Drastis

Dalam konteks ini bupati mengisyaratkan bahwa sudah ada pihak yang siap mendukung anggaran untuk pengembangan tenun Sumbawa, dengan catatan perencanaannya benar benar matang, didukung oleh data dan hasil analisa yang realistis. Bupati berharap, dengan menampilkan produk dan program unggulan yang didukung data realistis dapat menarik simpati berbagai pihak untuk mengembangkan investasi di Sumbawa. Terlebih lagi menurut Bupati, perhatian pemerintah pusat kepada Kabupaten Sumbawa saat ini cukup besar, yang ditandai dengan banyaknya program yang didanai APBN digelontorkan ke Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb