Kejurnas Taekwondo Senior, Atlet Sumbawa Raih Perunggu

oleh -32 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/11/2017)

Atlet taekwondo putri NTB, kelahiran Kabupaten Sumbawa, Asmawanti (17) meraih medali perunggu di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo Senior yang berlangsung di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta 23-26 November 2017. Pada tahun ini Mawan—Sapaan Asmawanti telah mngoleksi dua medali yang sama pada event berbeda. Pada POPNAS XIV September 2017 lalu, Mawan meraih medali peruggu.

Mawan yang tercatat sebagai siswi SMA Negeri 3 Sumbawa Besar pada Kejurnas Tekwondo senior, tampil di kelas U63. Pada dua pertandingan sebelum upayanya terhenti, pada babak peyisihan, Mawan sempat membuat tak berkutik Taekwondo andalan Sumatera Barat, Sintya Dewi. Dengan akumulasi dan akurasi serangan yang bertubi-tubi mampu mengumpulkan angka demi angka cukup fantastis dan membuahkan kemenangan dengan skor telak 31-9. Kemudian pada babak perempat final, lagi-lagi Mawan mampu menghipnotis dan membuat decak kagum seisi GOR setelah mampu menjinakkan ambisi Margaretha Munthe, atlet asal Kalimatan Timur, dengan skor 13-9. Namun pertandingan single event ini, membuat  laju pendakian putri kelahiran Kecamatan Moyo Hulu tersebut terhenti di babak semi final setelah dikalahkan atlet berpengalaman dan memiliki jam tanding tinggi asal Jawa Barat, Safira Nurunnazma dengan angka 4-13. ‘’Mawan adalah atlet yang relatif baru, dengan pengalaman tanding yang relatif minim dibandingkan lawan-lawannya. Apalagi Safira sudah pernah menjajaki kemampuanya hingga keluar Indonesia. Tidak apa-apa, justeru dengan mampu meraih medali perunggu saja di ajang bergengsi nasional menunjukkan kemampuan yang sudah bagus,’’ kata Joy, salah seorang Pelatih Senior Taekwondo NTB.

Baca Juga  Bumi Perkemahan Tergenang Diguyur Hujan, Ratusan Peserta Jamran Diungsikan

Ia meyakini kesempatan dan peluang bagi Mawan untuk menunjukkan kelasnya, masih terbuka lebar. Hanya memang ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan diseriusi sehingga secara mental dan teknik Mawan jauh lebih bagus. ‘’Pola seperti ini dilakukan bagi semua atlet binaan kami, tidak hanya Mawan,’’ terangnya.

Sementara Ketua Taekwondo Kabupaten Sumbawa, Agus Heryanto menyadari kemampuan atlet Taekwondo Sumbawa, termasuk Asmawanti. Menurutnya, masih banyak celah untuk membuat Mawan tampil lebih bagus dari pengalaman tanding selama ini. Penampilan Mawan kali ini, hampir sama dengan prestasi yang diraih pada POPNAS XIV September 2017 lalu meski dengan level event dan lawan tanding yang berbeda. Dengan raihan medali perunggu di dua ajang yang berbeda itu, masih besar kemungkinan prestasi Mawan untuk ditingkatkan. ‘’Ini yang selalu kami lakukan. Duduk bersama pelatih, atlet untuk  melakukan evaluasi terhadap perkembangan atlet kami,’’ tandasnya. (JEN/SR)

dukacita dukacita bankntb