Camat Plampang: Guru Harus Menjadi Sumber Keteladanan

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/11/2017)

Peringatan HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional (HGN) 2017 di Kecamatan Plampang dilaksanakan secara sederhana namun khidmat, Senin (27/11). Semua guru dan seluruh pelajar dari SD hingga SMA serta dinas instansi lainnya di wilayah setempat mengikuti upacara peringatan tersebut dengan tertib.

Camat Plampang, Ir Nawawi selaku inspektur upacara mengajak semua peserta untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Yang Maha Kuasa karena dapat melaksanakan kewajiban sebagai abdi negara dan masyarakat dalam membangun peradaban di daerah ini. Tentunya dengan tekad kebersamaan dan kerja keras mewujudkan dunia pendidikan yang berkemajuan melalui keteladanan para guru. Hal ini sesuai dengan tema Hari Guru “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”.

Sesuai implementasi Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan yang memiliki tanggungjawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga. Di samping itu guru harus mampu mengelola kerjasama antara kesatuan pendidikan, keluarga dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revoluasi mental.

Lebih jauh dijelaskan Camat Nawawi, seiring tantangan berat yang dihadapi di masa-masa mendatang, peserta didik yang merupakan calon generasi emas Indonesia tahun 2045 harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan cepat yang tak terduga.

Baca Juga  2016, Anggaran Diknas Sumbawa Fokus Peningkatan Mutu

Karenanya, Ia mendukung  guru-guru untuk terus bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan berahlak mulai. Karena itu guru harus menjadi sumber keteladanan. “Momentum Hari Guru ini hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita masih cukup profesional. Sebab tak ada seorangpun yang sukses tanpa melalui sentuhan guru. Jadi apapun kita saat ini, guru-guru kita pasti ikut mewarnai bahkan bisa menjadi faktor penentu keberhasilan kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Upacara peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ini diiringi dengan lagu Hymne Guru yang dilantunkan penyanyi inti dari SMPN 1 Plampang. (BUR/SR)

dukacita dukacita bankntb