Wagub: Zakat Bentuk Pengayoman Hidup Fakir Miskin dan Kaum Dhuafa

oleh -3 views

MATARAM, SR (23/11/2017)

“Zakat adalah perwujudan keimanan kepada Allah, menghilangkan sifat kikir sekaligus membersihkan dan mengembangkan harta yang dimiliki. Zakat juga merupakan salah satu bentuk konkret dari jaminan sosial yang telah disyariatkan Islam yang melaluinya kehidupan fakir miskin dan kaum dhuafa akan dapat terayomi dengan baik,” ungkap Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH., M.Si saat memberikan sambutan pada pengukuhan Pimpinan Baznas Provinsi NTB di ruang rapat utama Kantor Gubernur NTB, Rabu (22/11).

Adapun Ketua Baznas yang dikukuhkan yaitu Dr. TGH Salimul Jihad Lc., M. Ag, beserta wakil-wakilnya antara lain TGH. H Nasrullah, Dr. H. Muhammad Said Gazhali, MA., Ir. H. Subhan, dan Drs. TGH. Munajib Kholid. “Kami ucapkan selamat, semoga pimpinan yang telah dikukuhkan pada hari ini bisa menjadi pemimpin yang amanah, profesional, transparan dan akuntabel selama mengelola dana zakat masyarakat. Saya berharap semua dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan tetap semangat berkontribusi memberi wawasan tambahan dalam upaya membangun dan mengembangkan ekonomi umat melalui zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS),” harapnya.

Hadir pada kesempatan ini seluruh pimpinan OPD Provinsi NTB, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, Pejabat TNI dan Polri dan jajaran Baznas NTB. Pengukuhan dilaksanakan atas dasar Keputusan Gubernur NTB NTB No. 451.7-786 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Pimpinan Baznas Provinsi NTB Masa Khidmat 2015-2020.

Baca Juga  Pergi Haji Bersama Istri, Pulang ke Tanah Air Seorang Diri

Sebagai Badan Amil Zakat, kegiatan pokok Baznas selain menghimpun ZIS dari muzakki dan menyalurkan ZIS kepada mustahik yang berhak menerima sesuai ketentuan agama, BAZNAS juga memiliki beberapa tugas strategis lainnya. Seperti meningkatkan status mustahik menjadi muzakki melalui pemulihan, peningkatan kualitas SDM, dan pengembangan ekonomi masyarakat serta mengembangkan manajemen yang amanah, profesional dan transparan dalam mengelola zakat. (JER/SR)

 

dukacita dukacita bankntb