Banjir di Lotim Pengaruhi Harga Barang di Pasar Taliwang

oleh -13 views

SUMBAWA BARAT, SR (23/11/2017)

Banjir bandang yang menerjang Lombok Timur beberapa hari lalu tidak hanya berdampak terhadap masyarakat dan daerah setempat. Musibah itu juga berpengaruh terhadap harga bahan pokok di Pasar Taliwang seperti harga tomat, kangkung, dan sejumlah bahan lainnya.

Dewi—salah seorang ibu rumah tangga mengaku harga tomat melonjak tajam hingga berlipat-lipat dari Rp 3.000 perkilogramnya naik mencapai Rp 15.000. “Dua hari yang lalu saya beli tomat di Pasar Taliwang hanya 3000 per kilo, sekarang tiba-tiba naik sampai 15 ribu per kilo

Ny Ainun—pedagang di Pasar Taliwang mengaku melonjaknya harga tomat karena pasokannya dari Pulau Lombok terutama Lombok Timur. Saat banjir menerjang tidak ada pasokan terlebih lagi stok yang ada tinggal sedikit. Dengan persediaan sedikit dan permintaan tinggi menyebabkan harga melonjak. “Dalam sudah dua hari ini tidak ada pengiriman tomat dari Lombok. Pasokan terbesar dari Lombok Timur,” akunya, seraya mengaku tidak mengetahui sampai kapan kondisi tersebut berlangsung.

Selain tomat, pantauan media ini di Pasar Taliwang, kenaikan harga ini juga terjadi pada bahan lainnya. Kangkung yang semua 6 ikat Rp 5.000, kini per ikatnya Rp 2.000. Jika 6 ikat harganya menjadi Rp 12.000. Seperti tomat, kangkung juga pasokannya dari Lombok. Daging ayampun demikian harganya merangkak naik. Ada beberapa lapak yang biasanya ramai dengan penjual ayam kini sebagianya telah kosong. “Kami tidak jual ayam hari ini karena stoknya kosong,” kata Ibu Endang penjual ayam asal Karang Penok Kelurahan Sampir Taliwang.

Baca Juga  Perairan Tongo Aman Asam Tambang, Tangkapan Nelayan Melimpah

Ia mengaku jiika sudah dua hari ini pengiriman ayam dari Lombok macet. Setelah coba dikonfirmasinya ternyata pemasok ayam sedang sibuk dengan kegiatan paska banjir di Lombok Timur. (HEN/SR)

dukacita dukacita bankntb